Sukses

Lifestyle

Bukan Cuma Skripsi, 5 Hal Ini Harus Kamu Kerjakan Sebelum Lulus

Fimela.com, Jakarta Skripsi memang menjadi salah satu hal yang paling kamu perhatikan menjelang kelulusan. Tentu saja itu benar. Tanpa skripsi yang baik, kamu tak akan bisa lulus dan melanjutkan hidup di luar dunia kampus. Kecuali kamu menyerah dan memilih untuk langsung bekerja tanpa gelar sarjana. 

Meskipun skripsi sangat penting, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikan dan lakukan sebelum lulus kuliah. Pasalnya, tak banyak anak-anak kuliah yang tahu tentang hal ini. Padahal, lima hal di bawah ini menjadi jembatan atau langkah pertama untuk memasuki gerbang kesuksesan. 

1. Kamu pasti memiliki idola atau orang yang menginspirasimu. Setiap saat kamu berdoa untuk bisa menjadi sehebat mereka. Tapi, tak ada yang tahu bagaimana caranya berguru langsung kepada mereka. Tak peduli siapa pun orang yang kamu idolakan, gunakan kesempatan untuk bertanya banyak hal dengan menghubungi mereka langsung. Atau paling tidak hubungi sekretarisnya. 

2. Setiap orang punya idola mereka sendiri-sendiri. Tak perlu orang bernama besar, tapi seseorang yang bisa menginspirasi dan memotivasimu. Tapi sekarang, cobalah untuk memilih 5 orang yang kamu tahu. Kelimanya bisa siapa pun. Kelima orang ini adalah mereka yang kamu pikir bisa mengubah dunia. Dan tulis apa alasannya. 

3. Alasan kenapa mereka bisa mengubah dunia inilah yang harus kamu tanamkan dalam dirimu. Kamu tak akan tumbuh menjadi si A atau B, atau bahkan C. Kamu tetap akan menjadi dirimu sendiri, dengan mengembangkan poin-poin kebaikan yang idolamu miliki. 

 

A photo posted by @ana911 on

4. Teori, bagi mereka yang mencintainya, mungkin memang sangat menyenangkan. Tapi, kamu juga butuh pengetahuan yang sifatnya praktikal. Sehingga, pada saat kamu sudah lulus, kamu sudah punya bekal yang cukup untuk bertahan hidup. 

 

A photo posted by Andrei Hurzhyi (@ahurzhyi) on

5. Jangan berjalan sendirian. Sepintar apa pun kamu, tetap saja membutuhkan 'guru' atau juga biasa disebut dengan mentor. Sebaiknya memang memiliki mentor tatap muka. Tapi, kalau tidak bisa, cukup hanya membaca banyak buku dan mendengarkan ide-ide orang yang sangat menginspirasi. Jangan berhenti untuk belajar. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading