Sukses

Lifestyle

Tidur Anjuran Nabi Muhammad SAW, Diakui oleh Ahli Kesehatan Dunia

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan kegiatan penting untuk mengembalikan kondisi tubuh kita yang letih setelah bekerja seharian. Manfaat tidur amatlah banyak. Selain menyehatkan tubuh, juga bisa membuat organ-organ dalam jadi lebih baik fungsinya. Karena itulah Nabi Muhammad SAW juga memberikan contoh tidur yang tepat pada semua umatnya. Seperti apa tidur sehat ala Rasulullah? 

Rasul menyarankan kita untuk tidur menyamping ke kanan. Mengapa? Tidur dengan posisi ini membantu melancarkan aliran darah dari bilik jantung sebelah kiri yang posisinya lebih tinggi ke seluruh tubuh kecuali pembuluh aorta. Miring ke kanan membuat semua anggota tubuh, kecuali tangan kiri, akan sejajar atau di bawah jantung sehingga darah dengan mudah mengalir ke seluruh tubuh. Sesuai hukum gravitasi, ya. Posisi ini amat disarankan bagi kamu yang memiliki penyakit jantung.

Tidur miring ke kanan bermanfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan jantung dan lambung.

Selain tidur miring ke kanan, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan tidur tanpa bantal, lho. Dari Hadist Riwayat Abu Dawud nomor 5045, At Tarmidzi nomor 3395, Ibnu Majah nomor 3877, dan Ibnu Hibban nomor 2350 disebutkan, 'Rasulullah shallallhu 'alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanan'. Dari hadist tersebut diketahui jika Rasul menggunakan tangannya sebagai bantal. Ternyata banyak sekali manfaat yang didapat dengan tidur tanpa bantal. Berikut pemaparannya dilansir dari islamic.org.

1. Mencegah sakit leher.

2. Tidur tanpa bantal lebih berkualitas sebab posisi tubuh lebih alami dan normal.

3. Normalisasi tulang belakang. Tidur tanpa bantal membuat tulang punggung balik ke kurva alaminya sehingga nyeri punggung pun teratasi.

Manfaat tidur tanpa bantal

Itu tadi tidur sehat sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW. Tidak ada salahnya untuk dipraktikkan, ya. Tentu saja sebagai muslim, anjuran Rasulullah menjadi ilmu yang luar biasa. Selamat mencoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading