Sukses

Lifestyle

Awas, Jangan Habiskan Uang THR untuk 4 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Tak terasa, sebentar lagi lebaran tiba. Kamu yang masih bersekolah atau kuliah, mungkin masih akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari orangtua dan kerabat. Buat kamu yang sudah bekerja, tak jadi masalah. Karena pasti akan mendapatkannya dari perusahaan tempatmu bekerja. 

Tapi, masalahnya masih banyak orang yang keliru saat mengelola THR mereka. Kadang, perlu kebijaksanaan untuk tidak menyamakan cara mengatur THR dengan uang lainnya yang kamu dapatkan setiap bulan. Karena, THR hanya datang setiap tahun. Tentunya kamu tak ingin THR-mu habis begitu saja tanpa ada hasil. Nah, agar tidak sia-sia simak pembahasan di bawah ini. 

1. Berbelanja pakaian, aksesoris, dan lainnya menggunakan uang THR memang boleh. Apa lagi biasanya pada akhir minggu di bulan puasa banyak sekali pusat perbelanjaan yang memberikan potongan harga. Tapi, kamu juga harus mengontrol dirimu sendiri. THR jangan sampai dihabiskan untuk belanja. 

 

A photo posted by Ridho Ilahi (@ridho2112) on

2. Membayar utang memang sebuah kewajiban. Tapi, kalau menghabiskan THR-mu untuk utang seluruhnya, kamu mungkin saja akan tertekan. Pasalnya, kamu tak dapat menikmati THR yang hanya setiap setahun sekali datangnya. Karena itu, pastikan kamu menyisihkan sedikit uang untuk sesuatu yang kamu suka. 

3. Berlibur ke luar kota memang menyenangkan. Tapi,  rasanya tak adil kalau kamu menghabiskan semua tHR-mu untuk berlibur. Betul, liburan lebaran memang waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga. Karena alasan inilah, kamu kadang rela menghabiskan THR untuk berlibur. Padahal, kamu masih punya banyak kebutuhan. 

 

A photo posted by Novita (@nvtism) on

4. Kamu menghabiskan THR hanya dalam waktu sebulan atau dua bulan. Memang, THR seperti uang mendadak jatuh dari langit. Kamu pasti senang dan rasanya 'gatel' ingin menghabiskannya. Tapi, tunggu dulu. Kamu masih punya waktu yang panjang untuk hidup. Pikirkan kebutuhan dan kesehatan keuanganmu di masa depan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading