Sukses

Lifestyle

Agar Tak Habis Sia-sia, Ini 4 Cara Gunakan THR Usai Lebaran

Fimela.com, Jakarta Tunjangan Hari Raya (THR) biasanya kamu kumpulkan hingga usai lebaran. Ada juga yang sudah menghabiskannya sebagian untuk keperluan lebaran dan belanja baju baru. Tak masalah, dikumpulkan dulu baru dibelanjakan usai Hari Raya Idul Fitri atau menyisihkannya sebagian. 

Tapi, masalahnya ada pada bagaimana cara mengelolanya. Karean kerap kali banyak orang yang menghabiskan THR-nya dengan sia-sia. Artinya, uang habis, tapi kamu tak bisa melihat hasilnya. Agar hal ini tidak terjadi, Bintang.com punya solusinya. 

1. THR yang masih utuh atau pun sisa kamu hitung baik-baik. Sekarang, pikirkan apa saja keperluanmu yang belum terpenuhi. Ingat, hanya keperluan, ya. Bukan keinginan. 

 

A photo posted by Selly April 🍒 (@sellyaprilianii) on

2. Setelah itu, hitung berapa jumlah seluruh keperluan yang harus kamu penuhi. Kalau THR-mu cukup, tak akan jadi masalah. Tapi, kerap kali kebutuhan justru lebih besar jumlahnya dari THR. Kalau sudah begini, kamu harus jujur pada dirimu sendiri. Mana kebutuhan yang paling mendesak? 

 

A photo posted by R.S (@rusnitasari69) on

3. Kalau kebutuhan mendesak itu sudah terpenuhi, sekarang saatnya untuk menghitung sisa THR. Nah, sebaiknya, sisa THR ini jangan kamu belanjakan dulu. Biar kebutuhan yang tersisa kamu cover dengan gaji bulan depan. Mungkin akan sedikit 'terseok-seok.' Tapi kamu harus bersabar untuk beberapa hari. 

 

A photo posted by azie_azizah (@new_azie) on

4. Ada beberapa cara untuk menyimpan uang sisa THR. Pertama, kamu masukkan ke dalam  tabungan berjangka. Atau bisa juga kamu alokasikan ke Uang Jaga-jaga. Dengan begitu, THR-mu tak akan habis dengan sia-sia. 

 

A photo posted by zaman_inue (@zamaninu16) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR

  • THR Lebaran adalah Tunjangan Hari Raya yang dibayarkan setiap pengusaha kepada karyawannya setidaknya H-7 Lebaran Idulfitri.

    THR Lebaran

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan

What's On Fimela
Loading