Sukses

Lifestyle

Editor Says: Sesuatu yang Gratis dan Lebih Berharga dari Uang

Fimela.com, Jakarta Di jaman yang serba maju seperti ini, banyak orang berlomba-lomba mengejar uang. Hal tersebut wajar, karena setiap orang butuh uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sehingga banyak orang yang mengutamakan uang dan kerja keras di atas segalanya. Manusia dengan segala keinginannya seperti dahaga yang tidak pernah terpuaskan. Akan tetapi kadang mereka tidak sadar ada sesuatu hal yang lebih penting dari uang.

Gambar ilustrasi tentang banyak orang yang berlomba-lombar mengejar uang.

Sebagian besar orang mungkin lupa jika ada satu hal yang penting dalam kehidupan manusia. Dia adalah waktu, hal yang diberikan Tuhan secara gratis. Banyak kata-kata bijak yang mengambarkan betapa berharganya waktu.

Akan tetapi pada kenyataannya, banyak orang yang menyamakan nilai waktu dengan uang. Waktu sendiri bukanlah sebuah barang atau sesuatu yang bisa kita lihat. Bisa dibilang waktu menjadi sangat berharga dan lebih berharga daripada uang.

Waktu dan uang. (via patimes.org)

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah pepatah yang berbunyi 'waktu adalah uang'. Akan tetapi menurut saya, anggapan tersebut salah. Karena uang tidak bisa membeli waktu, akan tetapi uang bisa dihasilkan dengan waktu yang kita punya.

Bahkan sekaya-kayanya orang, ia tidak akan pernah bisa membeli waktu yang sudah dilewatinya. Kita sendiri tidak tahu berapa banyak waktu yang kita punya di dunia ini.

Gunakan Waktu Sebaik-baiknya

Semoga beberapa hal di atas dapat kita renungkan atau belajar dari kejadian yang sudah kita lalui di masa lalu. Agar kita bisa menggunakan waktu yang tersisa dengan sebaik-baiknya.

Mungkin kita tidak perlu membuang waktu untuk berdebat dan mengkritik orang lain yang sesungguhnya mereka tidak peduli dengan kita. Malahan sering kali kita tidak punya waktu dengan orang yang benar-benar peduli dengan kita.

Bahkan kita sering membahas sesuatu yang dapat mendapatkan konflik. Mengapa kita tidak melewatkan waktu dengan mencari kesamaan pandangan? Mengapa kita sering bekerja keras agar dapat tinggal di rumah mewah, punya mobil, makan di tempat mewah?

Quote tentang waktu. (via quotefancy.com)

Padahal kita tahu jika segala sesuatu yang kita miliki tidak bisa dibawa ketika kita kehabisan waktu (meninggal). Lebih baik kita menikmati keindahan hidup ini apa adanya. Ingat, indahnya hidup tidak selalu diukur dengan materi semata.

Artikel ini bukan untuk mematahkan semangat mereka yang mengejar karier dan mereka yang bekerja keras untuk menjadi kaya. Saya sebagai penulis hanya mengingatkan bahwa setiap detik di hidup kita itu berharga.

Mengapa banyak orang yang takut tua bahkan meninggal? Bukankah itu merupakan sebuah proses alam yang tidak bisa kita hindari? Seharusnya kita menikmati hal tersebut, karena dengan berlalunya waktu dapat membuat kita menjadi lebih bijaksana dalam menyikapi hidup.

Luangkan waktu dengan orang-orang terdekat Anda. (via quotesideas.in)

Menyibukkan diri dengan pekerjaan memang dapat membuat kita banyak menghasilkan uang. Akan tetapi perlu diingat bahwa keluarga, orang-orang terdekat kita juga butuh waktu dan kehadiran kita untuk menikmati waktu bersama-sama.

Penyesalan memang selalu datang di akhir dan rasanya benar-benar menyakitkan. Untuk itu sebelum rasa sesal datang, lebih baik menggunakan waktu yang kita miliki sebijaksana mungkin.  

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Keuangan untuk Menjalani Tahun Macan Air agar Beruntung Sepanjang Tahun
Artikel Selanjutnya
Tips Memiliki Uang Rp2 Miliar dalam Satu Tahun, Caranya?