Sukses

Lifestyle

Blue Mosque, Sudut Cantik Bernuansa Spiritual di Tepi Bosphorus

Fimela.com, Jakarta Dilengkapi dengan enam menara, Masjid Sultan Ahmet atau Blue Mosque kerap disebut sebagai bangunan paling cantik untuk dipotret di Istanbul. Bersisian dengan Bosphorus, senandung puji-pujian untuk Sang Pemilik Hidup sering kali diselingi suara camar dan klakson kapal.

Awal nama Blue Mosque ini dilatarbelakangi kubah dan sejumlah sudut bangunan, baik interior atau eksterior, yang didominasi ornamen bernuansa biru. Jadilah 'nama tak resmi' itu tercetus dan tetap membudaya hingga kini.

 

A photo posted by Gayle OBrien (@explorer.gabor) on

 

 

 

A photo posted by سبّاجه ❄️ (@sbkbk) on

Dengan sekelumit desain khas Ottoman, Blue Mosque nampak memesona dan paling menarik perhatian ketika melepaskan pandangan hampir 360 derajat di kota yang dulunya bernama Constantinople ini. Kubah berundak, serta dinding berdesain sederhana namun memukau jadi paras luar Blue Mosque.

Situs suci yang juga bisa dikunjungi oleh turis selain muslim ini punya halaman depan terluas dari masjid Ottoman lain. Ruang ibadah yang begitu luas di sini wajahnya disempurnakan dengan keberadaan 260 jendela. Di samping salat, pengunjung juga bisa berziarah ke makam sang pemrakarsa Sultan Ahmet yang berada di sisi utara masjid.

Meski termasuk salah satu situs populer untuk dikunjungi, atmosfer spiritual Blue Mosque masih bisa dirasakan dengan begitu kentara. Pintu utama hanya bisa digunakan oleh mereka yang hendak beribadah, sedangkan turis dipersilahkan masuk dari bagian selatan. Jadi, selamat menyelami refleksi keelokan Ottoman di Blue Mosque.

 

A photo posted by Robert Bell (@ibellum) on

 

 

A photo posted by Levent Deniz (@sukruleventdeniz) on

 

 

A photo posted by Hasan Sohail (@hasan_sohail1) on

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading