Sukses

Lifestyle

Good News Today: Arus Balik Lancar, Stetoskop, Harga Daging

Fimela.com, Jakarta Selain di tol, arus balik juga masih terjadi di jalan arteri Cikampek menuju Jakarta via Karawang. Kendaraan roda dua maupun empat pun terus masuk ke jalur itu dari jalan utama Pantura.

Kondisi jalan arteri Cikampek-Jakarta terpantau lancar. Setelah pada Minggu 10 Juli 2016 malam hingga Senin dini hari tadi mengalami kemacetan parah. Arus balik di Cikampek menuju Jakarta diperkirakan akan terus terjadi hingga hari Sabtu mendatang. Seiring dengan masih liburnya anak sekolah.

Arus Balik 2016 adalah bagian dari suasana Lebaran, para pemudik kembali ke domisili dari kampung halamannya

Kabar baik ini datang dari sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang mengembangkan stetoskop elektronik yang bisa merekam suara degup jantung dan suara paru-paru seseorang.

"Alat yang kami beri nama Medical Electronic Stetoskop (Mediskop) itu juga mampu merekam suara jantung janin pada ibu hamil," kata koordinator kelompok mahasiswa UGM Ayu Dwi Silvia Putri di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, ide membuat stetoskop elektronik itu muncul karena mereka kesulitan untuk membedakan suara normal dan abnormal dari jantung dan paru-paru.

"Kami kesulitan untuk tahu suara abnormal seperti apa. Mediskop diharapkan membantu para mahasiswa dan bisa dipakai di klinik kesehatan dan rumah sakit," katanya.

Anggota kelompok mahasiswa UGM yang mengembangkan Mediskop itu adalah Dionita Rani Karyono, Imah Nur Chasanah, Muhammad Fadhil Ainuri, dan Abdullah Ibnu Hasan.

Stetoskop itu terinspirasi kesulitan mahasiswa mengenali detak jantung dan napas pasien abnormal saat praktek kebidanan.

Kabar baik lainnnya mengenai harga daging sapi segar di pasar tradisional Kota Ambon yang sempat naik menjadi Rp100.000/kg dua hari sebelum Idul Fitri 1437 H, kini turun kembali pada posisi normal Rp90.000/kg.

Hasil pemantauan di lokasi pasar Mardika dan Batumerah, Jumat, para pedagang mulai menurunkan harga daging sapi kembali ke harga normal yakni Rp90.000/kg. "Harga daging sapi kembali normal, turun seperti biasa sejak pagi hari yakni Rp90.000/kg," kata Nadsir, pedagang daging sapi segar di pasar Mardika.

Turunnya harga daging hingga mencapai Rp90.000/kg, lanjutnya, mendapat perhatian dari masyarakat yang datang berbelanja dan itu terlihat dari stok daging hari ini yang disiapkan di pasar Mardika sudah terjual habis sebelum pukul 7.30 WIT.

Ilustrasi daging dapi

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading