Sukses

Lifestyle

Sebelum Ucapkan Niat Puasa Syawal, Ketahui 5 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Puasa Ramadan bukan satu-satunya puasa yang dijalani umat Islam. Ada banyak jenis puasa, tergantung dari waktu dan tata caranya. Ada puasa Senin-Kamis, puasa Nabi Daud, dan masih banyak lagi.Di antara puasa-puasa tersebut, ada yang dinamakan puasa Syawal

Sebelum umat Islam menjalankannya, mereka mengucapkan niat agar mereka lebih bersabar saat menjalani puasa. Tapi, sebelum kamu mengucapkan niat tersebut, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta di bawah ini. 

1. Sebelum berpuasa Syawal, kamu harus melunasi utang puasa wajib terlebih dahulu. Misalnya, kamu bolong 2 hari pada Ramadan kemarin. Nah, kamu harus melunasinya terlebih dahulu sebelum mulai puasa Syawal. 

2. Kapan puasa ini bisa kamu laksanakan? Dilansir dari salah satu media nasional, puasa Syawal bisa kamu mulai sejak tanggal 2 Syawal. Kamu bisa berpuasa enam hari berturut-turut, atau juga bisa diselang-seling. 

3. Meskipun bukan puasa Ramadan, tapi kamu tetap harus menjaga dirimu untuk menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa. 

4. Puasa Syawal tidak boleh dilakukan pada tanggal 1 Syawal. Puasa ini juga dijalani selama 6 hari. 

5. Niat puasa Syawal diucapkan sebelum mulai berpuasa, mendekati waktu salat Subuh yang membatasi waktu menyantap menu sahur. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading