Sukses

Lifestyle

Kandungan Sianida dalam Tubuh Mirna Dibeberkan di Sidang Jessica

Fimela.com, Jakarta Kembali digelar kemarin, Rabu (3/8), sidang lanjutan atas terdakwa Jessica Wongso menghadirkan saksi ahli yang mengungkap kandungan sianida di tubuh Wayan Mirna Salihin. Berdasarkan laporan Liputan6.com, ahli toksikologi dari Pusat Laboratorium (Puslabfor) Polri Kombes Nur Samran Subandi mengatakan, Mirna menelan sekitar 20 mililiter (ml) natrium sianida (NaCN).

"Untuk itu kami harus tahu isi (sianida) dalam sedotan berapa banyak. Kami lakukan uji coba dengan sedotan yang sama, bahan yang sama. Dari 20 sedotan, dirata-rata (sianida) itu sekitar 20 ml," ucap Kepala Bidang Kimia dan Biologi Puslabfor Badan Reserse Kriminal Polri di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (3/8), seperti dimuat Liputan6.com.

Ahli toksikologi forensik Nursamran Subandi menyampaikan keterangan dalam sidang kasus Mirna Salihin, PN Jakarta Pusat, (3/8). Nursamran menyatakan salah satu efek apabila terkena sianida, bagian tubuh akan gatal-gatal.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ia juga mengungkap, tingkat konsentrasi sianida dalam 20 ml larutan kopi yang diminum Mirna sekitar 15 gram per liter. "Bukan 15 gram per gelas ya," sambung Nursamran. Nursamran dan tim forensik kemudian menghitung, jika gelas berisi es kopi Vietnam di Kafe Olivier menampung 300-350 ml larutan kopi, maka sianida yang dimasukkan pembunuh Mirna berjumlah 5 gram.

"Dari kronologi, laporan polisi yang kami baca, korban sempat sekali menyedot larutan kopi bersianida. Kalau dalam gelas ada sekitar 300 sampai 350 mililiter, sianida yang dimasukkan sekitar 5 gram," jelasnya, sebagaimana diberitakan Liputan6.com.

Layar laptop menampilkan gambar gelas berisi kopi saat sidang kasus kematian Wayan Mirna Salihin di PN Jakarta Pusat, Rabu (3/8). Nursamran menyatakan salah satu efek apabila terkena sianida, bagian tubuh akan gatal-gatal.(Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Untuk membunuh seseorang dengan bobot tubuh 60 kilogram seperti Mirna, 172 miligram atau 1,72 gram natrium sianida saja dinilai Nur Sarman sudah cukup. "Hampir dua kali lipat besarnya yang masuk di tubuh korban. Apalagi dia melampaui 172 miligram. Untuk korban seberat 60 kg akan mati," paparnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading