Sukses

Lifestyle

Keluarga Fatmawati Bung Karno Upacara Pakai Baju Adat Bengkulu

Fimela.com, Jakarta Sama seperti masyarakat Indonesia lainnya, keluarga istri Bung Karno, Fatmawati juga merayakan hari kemerdekaan dengan melaksanakan sebuah upacara. Berbeda dengan upacara yang diadakan di Istana Negara, upacara yang dilaksanakam oleh keluarga Fatmawati tersebut menggunakan baju tradisional Bengkulu.

Dilansir dari Liputan6.com dalam upacara yang dipimpin langsung oleh Ketua RW 02, Pasar Melintang tersebut para perempuan yang menjadi petugas upacara mengenakan baju kurung lengkap dengan sunting dan hiasan. Dan untuk para perugas prianya, mereka mengenakan destar atau tutup kepala pengantin serta kain berbahan benang emas yang dipasangkam dengan jas hitam khas Bengkulu.

Tak kalah kece dari para petugas upacara, peserta upacara yang hadir juga mengenakan pakaian yang seragam, yakni pakaian hitam putih, dan putih-putih serta masing-masing orang memegang bendera merah putih. "Ini penghormatan kami untuk pejuang dan ibu negara Fatmawati," ujar Koordinator Upacara Lindo Utama di Bengkulu, seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (19/8/2016).

Kebaya merupakan busana kenegaraan saat Presiden melakukan lawatan ke luar negeri, seperti yang dikenakan Fatmawati dan Dewi Soekarno

Lindo juga sempat menjelaskan alasan para petugas upacara di rumah asal Fatmawati, istri Bung Karno tersebut upacara dengan menggunakan pakaian yang tidak formal. "Orang pinggiran dan kaum marjinal juga harus ikut terlibat dan merasakan makna kemerdekaan. Inilah nasionalisme, mereka juga orang Indonesia dan cinta terhadap tanah air Indonesia," pungkas Lindo Utama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading