Sukses

Lifestyle

Suara Dentuman Kejutkan Warga, Ada Pesawat Jatuh di Karanganyar?

Fimela.com, Jakarta Suara dentuman sempat terdengar dan menghebohkan warga Solo dan sekitarnya, kabar pesawat jatuh di Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah pun menyebar. Namun demikian, sebagaimana diwartakan Liputan6.com, suara tersebut ternyata adalah efek suara dari pesawat F-16 yang tengah melintasi Gunung Lawu.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) Warastratama/074 Surakarta Mayor Inf Mantang mengatakan, selepas beredar kabar suara ledakan keras di media sosial, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak Danramil Karangpandan, Karanganyar. "Kami mengontak pihak Danramil untuk mencari sumber suara di wilayah Karangpandan. Pihak Danramil juga mengerahkan relawan untuk mencari sumber suara tersebut," ujar Mantang kepada Liputan6.com, Selasa (30/8).

Ilustrasi Pesawat Jatuh (Liputan6.com/M.Iqbal)

Demi memastikan sumber suara tersebut, kata Mantang, pihaknya juga menghubungi Kasi Intel Lanud Iswahyudi Madiun, Mayor Rico. Pihak Lanud Iswahyudi menjelaskan, suara tersebut adalah efek suara pesawat F-16 akibat laju yang melebihi kecepatan suara atau sonic boom. "Pesawat jet tersebut mengeluarkan sumber suara tersebut saat melintas di sekitar Gunung Lawu," jelas Mantang menirukan ucapan Kasi Intel Lanud Iswahyudi.

Sebelumnya, dibuat geger lantaran suara dentuman keras yang terdengar mulai dari Solo, Sragen, Karanganyar, hingga Sukoharjo. Beberapa netizen mengabarkan, suara itu bersumber dari pesawat jatuh di wilayah Karangpandan, Karanganyar.

Puncak Gunung yang terletak di Karanganyar, Jawa Tengah. (wikipedia)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading