Sukses

Lifestyle

Awas! 7 Ulat Bulu Cantik Ini Mematikan

Fimela.com, Jakarta Pernah dihinggapi ulat bulu? Pasti badan menjadi gatal-gatal dan timbul bentol di badan. Ternyata bukan itu saja gejala yang diakibatkan serangan ulat bulu.

Sebagian jenis ulat bulu juga bisa mematikan. Meski terlihat kecil dan cantik, ulat bulu memiliki racun pada rambut halus dan duri di sekujur tubuhnya. Racun itu sangat berbahaya, tak hanya membuat gatal, tapi juga bisa mematikan.

Jadi sebaiknya jika kamu bertemu dengan ulat bulu di bawah ini, harus hati-hati. Jangan terpengaruh dengan fisiknya yang cantik. Berikut 7 ulat bulu yang berbahaya dan bisa mematikan ;

Puss caterpillar (Megalopyge opercularis)

Ulat paling beracun di Amerika Utara adalah Slug Caterpillar Puss atau Woolly. Jangan tertipu oleh penampilan bola berbulu yang kapas karena akan melepaskan asam pada apa pun yang menyentuh dan sarat dengan duri beracun di seluruh tubuhnya. Gejala dari sengatan bisa bertahan beberapa hari dan termasuk sakit kepala, mual dan muntah. Terdapat di pohon jeruk, elm.

Awas! 7 Ulat Bulu Cantik Ini Mematikan  | foto : MNN.com

Saddleback caterpillar (Acharia stimulea)

Ulat yang cantik, tapi hati-hati jika terkena racunnya bisa menimbulkan gejala pembengkakan, rasa mual dan ruam selama berhari-hari. Ulat ini tergolong rakus dan memakan segala jenis tanaman. Terdapat di taman, pot bunga, kebun dan lain-lain.

Awas! 7 Ulat Bulu Cantik Ini Mematikan  | foto : MNN.com

White cedar moth caterpillar (Leptocneria reducta)

Ulat Cedar Putih adalah ngengat dari keluarga Lymantriidae. Ulat jenis ini dapat ditemukan di seluruh Australia, kecuali Tasmania. Tentunya ulat yang satu ini harus kamu hindari, terutama bentuknya yang seperti kaktus kecil dan bisa merangkak. Sebab ulat cedar putih ini bisa menimbulkan reaksi gatal saat disentuh. Seramnya, ulat ini suka mengeroyok satu pohon sekaligus bersama-sama sampai tak ada daun yang tertinggal.

Awas! 7 Ulat Bulu Cantik Ini Mematikan  | foto : MNN.com

Io moth caterpillar (Automeris io)

Dua jenis racun yang dilepaskan dari punggung ulat jenis ini mengakibatkan rasa terbakar dan peradangan. Mereka memakan banyak pohon dan semak-semak termasuk willow, mapel, elm, oak, holly, aspen, belalang, ceri, pir dan sassafras. Spesies ini dapat ditemukan di alam terbuka, padang rumput hutan dan ladang jagung dari Februari hingga September.

Awas! 7 Ulat Bulu Cantik Ini Mematikan  | foto : MNN.com

Hickory tussock caterpillar (Lophocampa caryae)

Ulat ini mungkin tampak seperti seseorang yang memakai pakaian musim dingin tebal dan norak. Karena memang bulunya yang tebal dan rupanya tidak terlalu berbahaya. Yang berbahaya justru adalah empat lembar rambut panjang, dua di depan dan dua di belakang. Menyentuh ulat ini bisa menimbulkan ruam dan masalah medis serius serta yang menyeramkan adalah dia bisa menggigit.

Awas! 7 Ulat Bulu Cantik Ini Mematikan  | foto : MNN.com

Spinny Oak Slug Caterpillar (Euclea delphinii)

Ulat ini warnanya indah dan memiliki panjang kurang dari satu inci. Racun yang dikeluarkan oleh durinya dapat menyebabkan reaksi yang parah. Ulat ini suka makan kurma, willow, abu, oak, hackberry dan kastanye bersama dengan pohon-pohon lain dan tanaman berkayu yang lebih kecil. Spesies yang merupakan larva dari sejenis ngengat ini dapat ditemukan di hutan dari selatan Quebec untuk Maine dan selatan melalui Missouri, Texas dan Florida.

Awas! 7 Ulat Bulu Cantik Ini Mematikan  | foto : MNN.com

Giant Silkworm Moth caterpillar (Lonomia oblique)

Ulat ini dijuluki ulat pembunuh. Jenis ulat ini banyak ditemukan di daerah Afrika Selatan.Tubuh ulat ini ditutupi oleh duri dan bulu yang bentuknya serupa jarum. Pertama kali pers internasional tertarik dengan Lonomi saat epidemi terjadi di komunitas agraria Rio Grande du Sol, Brazil. Pihak medis yang bingung pada awalnya setelah mereka menerima jumlah pasien dengan gejala yang sama yaitu hematoma dan gangren gejala menyebar di seluruh tubuh, akhirnya menyebabkan pendarahan dan kebocoran darah ke otak serta, dalam beberapa kasus menyebabkan kematian.

Awas! 7 Ulat Bulu Cantik Ini Mematikan  | foto : MNN.com

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading