Sukses

Lifestyle

Buah Naga Bisa Mencegah Penyakit Kanker dan Diabetes

Fimela.com, Jakarta Banyak buah-buahan yang bermanfaat buat kesehatan kita. Misalnya buah naga yang terdiri dari buah naga merah dan putih. Buah naga merah ternyata punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Buah yang bentuknya khas ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia.

Berbagai nutrisi yang dikandung buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak, sampai orang dewasa. Buah naga adalah buah yang aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan bernama Pitaya. Sedangkan nama naga atau ‘dragon’ diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap kalau buah ini sangat diberkahi. Mereka selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga.

Buah naga kaya akan nutrisi dan vitamin. Buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Serat yang ada pada buah ini punya manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak.

Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, sama seperti buah apel. Manfaat lain dari buah naga merah adalah bagus untuk kesehatan jantung, tulang serta mata kita. Selain itu, seperti dilansir dari laman Dedaunan, buah naga juga punya bisa mencegah dua penyakit berbahaya ini yaitu:

Mencegah Kanker

Penyakit kanker termasuk penyakit berbahaya yang sangat sulit untuk disembuhkan. Tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, Anda bisa berusaha mencegah kanker salah satunya dengan rutin mengkonsumsi buah naga merah. Buah ini sangat kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan utama.

Selain itu mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker. Setiap 100 gram buah naga bisa memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C harian. Padahal satu buah naga biasanya puna berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg.

Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Meskipun buah naga merah mengandung gula, tapi karena kadar serat dalam buah ini sangat tinggi sehingga tetap bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal ada fungsi penting lainnya, yaitu sebagai pengatur dan mengontrol kadar gula darah.

Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2, yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading