Sukses

Lifestyle

3 Alasan Pasangan yang Sering Debat Hubungannya Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Perdebatan selalu dianggap merepresentasikan kemarahan, frustasi, kejengkelan, keras kepala, dan hal-hal negatif lainnya. Bagi para pasangan, perdebatan bahkan seringkali dianggap sebagai penyebab kegagalan. Padahal fakta berbicara sebaliknya; perdebatan justru membuat hubunganmu lebih sehat.

Perdebatan bukanlah representasi kemarahan, bukan pula tentang betapa keras kepalanya pasangan itu. Justru, perdebatan adalah 'jalan' bagi pasangan untuk menjaga kestabilan hubungannya. Perdebatan memang ada karena pendapat dari dua kepala bisa berbeda, tapi dengan mengutarakan pendapat masing-masing dalam perdebatan, hubunganmu akan lebih sehat. Mengapa? Berikut alasannya.

1. Berdebat menghindari pasangan dari rasa benci. Bayangkan kalau kamu atau pasanganmu terus menerus memendam perasaan ketidaksukaan terhadap satu dan lain hal yang berkaitan dengan satu sama lain. Pada akhirnya perasaan itu akan menggantikan cinta yang ada dengan kebencian. Berdebat akan membuat kamu dan dia mengutarakan pendapat masing-masing, dan itu adalah cara yang sehat.

Pasangan yang sering debat hubungannya lebih sehat dibanding yang memendam kejengkelan. (Foto: huffingtonpost.com)

2. Pasangan yang berdebat akan belajar mengimbangi pemikiran masing-masing. Dalam sebuah hubungan, 'keseimbangan' itu penting. Kalau para pasangan hanya memendam perasaannya demi menghidari debat, maka salah satu pihak akan lebih dominan, dan itu tidak baik dalam hubungan.

Pasangan yang sering debat hubungannya lebih sehat dibanding yang memendam kejengkelan. (Foto: usnews.com)

3. Pasangan yang saling 'menantang', akan 'tumbuh' bersama. Perdebatan adalah tantangan tersendiri untuk para pasangan. Dalam perdebatan, pasangan 'dituntut' untuk mau mendengarkan, mau memahami, berempati, serta berkompromi. Ketika berdebat dengan pasangan, menang atau kalah bukan hal yang penting. Dalam perdebatan dengan pasangan, kamu dan pasanganmu akan banyak sekali belajar tentang satu sama lain, bahkan tentang diri masing-masing.

Pasangan yang sering debat hubungannya lebih sehat dibanding yang memendam kejengkelan. (Foto: hdwallpapersact.com)

Kalau kamu ingin memiliki hubungan yang sehat, salah satu caranya adalah dengan tidak menghindari perdebatan. Lagi pula, kalau kamu selalu setuju dengan pendapat satu sama lain, bukan kah hubunganmu akan terasa datar dan membosankan? Tapi, ingat juga, ya. Berdebat dan bertengkar itu beda, lho! Usahakan untuk tetap menjaga sikap dan saling menghormati satu sama lain. Kalau kamu bisa berdebat dengan cara yang tepat, hubunganmu akan lebih kuat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading