Sukses

Lifestyle

Ini Hobi Unik 7 Presiden Republik Indonesia

Fimela.com, Jakarta Menjadi seorang presiden tentu bukanlah hal yang mudah, bukan satu atau dua orang, tapi dia harus memimpin jutaan warganya. Untuk itu, presiden juga sama seperti manusia yang lain, dia juga butuh waktu untuk istirahat ataupun melakukan berbagai hal yang dia sukai.

Hmmm, kira-kira kalau sedang tak bekerja hobi apa ya yang biasa dilakoni oleh para presiden Republik Indonesia? Kalau presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno itu hobinya menyanyi di kamar mandi lho. Hobi unik Ir. Soekarno itu sempat ditulis dalam buku berjudul ‘Bung Hatta Menjawab’ yang dituliskan oleh Dr Z Yasni.

Selain menyanyi di kamar mandi, Ir. Soekarno juga suka sekali menonton film dan mengumpulkan aneka benda seni, seperti lukisan. Presiden kedua Indonesia, Sohearto juga memiliki hobi yang tentunya jauh dari urusan kenegaraan, dia suka sekali memancing.

Ini Hobi Unik 7 Presiden Republik Indonesia. (Foto: arifoadhinoto.files.wordpress.com)

“Kalau hari libur kadang-kadang saya pergi ke laut atau Tapos,” demikian tertulis dalam otobiograf Pak Harto. Kalau ternyata saat memancing ia tak mendapat ikan, maka supaya Ibu Tien senang, Pak Harto tetap pulang dengan membawa ikan yang sudah dia beli terlebih dahulu. Cerita soal hobi mancing Pak Harto ini tertuang dalam buku berjudul Warisan daripada Soeharto.

Berbeda dengan Ir. Soekarno dan Soeharto, semasa kecil Presiden Habibie suka sekali main pesawat. Hmmm, nggak heran kan dari hobinya itu Pak Habibie bisa membuat pesawatnya sendiri. Nggak hanya main pesawat, Habibie juga hobi sekali membaca, jadi jangan tanya berapa jumlah buku yang dia punya, pasti banyak sekali.

Sementara Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur ini hobinya memang tak memerlukan banyak uang, atau bahkan tak butuh uang sama sekali. Gus Dur hobi sekali bercanda, ia senang melihat orang tertawa, dan candaannya yang kreatif itu memang berhasil membuat siapapun yang mendengarnya langsung diliputi rasa bahagia.

Nah, kalau Presiden ke-5 RI, yang juga merupakan anak kedua dari Ir. Soekarno, yakni Megawati ternyata hobinya adalah menari. Waktu masih kecil, Megawati sering menari tarian tradisional Indonesia untuk menyambut tamu negara. Kalau hobi Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pastinya sudah banyak yang tahu nih.

SBY hobi sekali menyanyi dan bermain gitar, nggak hanya itu, SBY juga ahli dalam menciptakan lagu lho. Total sudah ada 40 lagu yang SBY buat, ia juga telah merilis lima album, yaitu Rinduku Padamu (2007), Evolusi (2009), Ku Yakin Sampai Di Sana (2010) dan Harmoni Alam Cinta dan Kedamaian (2011). Sementara album kelima bertajuk 'Kumpulan Lagu-Lagu Terbaik Karya SBY dan Karaoke Lagu-Lagu Karya SBY'.

Presiden Joko Widodo. (Foto: polreskedirikota.com)

Lalu kira-kira apa ya hobi Presiden Joko Widodo (Jokowi)? Hobi unik Presiden Jokowi diungkapkan sendiri oleh anak bungsunya, Kaesang Pangarep. Saat tampil di acara ‘Mata Najwa’ yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta pada Februari lalu Kaesang menceritakan bahwa ayahnya itu hobi memelihara kecebong atau kodok.

“Bapak itu dua minggu sekali suka mengambil kecebong di kolam. Dipelihara jadi lebih banyak. Nanti dipindahin, nanti jadi kodok,” ujar Kaesang. Hobi memelihara kodok Presiden ke-7 RI ini sudah dilakukan sejak Jokowi menjabat sebagai wali kota Solo.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading