Sukses

Lifestyle

5 Fakta Komikus Kontroversial Kharisma Jati

Fimela.com, Jakarta Dunia komik Indonesia sedang dihebohkan dengan karya terbaru komikus Kharisma Jati. Komikus yang dikenal lewat komik Anak Kos Dodol Dikomikin dan God You Must Be Joking ini dikabarkan membuat sebuah komik asusila yang melibatkan seorang komikus perempuan. 

Seperti dilansir dari rappler, komik asusila tersebut sudah dihapus tapi disebutkan menggambarkan seorang wanita mengajak anak untuk memuaskan hasrat seksualnya. Di panel terakhir tokoh gigi dua yang sering muncul di komik God You Must Be Joking berkata: 'wanita amoral'. Belum jelas apa latar Kharisma sampai membuat komik itu. Namun menurut beberapa anggota komunitas komik, terjadi sebuah konflik antara Kharisma dan komikus perempuan tersebut.

Komik asusila tersebut mendapatkan reaksi keras dari komunitas komik dan netizen Indonesia yang mengecam perbuatan Kharisma dan memberikan dukungan kepada sang komikus perempuan. Sunny Gho, pendiri portal komik Indonesia www.kosmik.id, mengeluarkan pernyataan di akun Facebook (FB)-nya yang mengutuk keras komik buatan Kharisma itu dan mengimbau supaya karyanya dihentikan peredarannya.

Sweta Kartika, komikus terkemuka Indonesia, mengatakan bahwa yang dilakukan Kharisma sudah melewati batas. Namun kemudian post-post dukungan tersebut telah dihapus oleh para komikus, sepertinya atas permintaan komikus perempuan itu sendiri.

Komikus perempuan itu buka suara pada Senin (31/10/2016) siang dengan sebuah komik yang menggambarkan seorang ibu menyayangi anak-anaknya. Namun Ia telah menghapus post itu juga. Lalu siapakah sebenarnya Kharisma Jati atau akrab dipanggil Jati? Karya-karya komikus yang satu ini memang beragam temanya.

Namun yang sering menjadi kontroversi adalah karya-karyanya yang mengandung unsur seksual, kekerasan dan bernuansa gore. Ada juga yang menilai imajinasinya terlalu liar dalam membuat komik. Berikut ini enam fakta yang bisa dihimpun dari berbagai sumber mengenai sosok Kharisma Jati.

Fakta 1 (Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim)

Fakta 2 (Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim)

Fakta 3 (Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim)

Fakta 4 (Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim)

Fakta 5 (Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim)

Fakta 6 (Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading