Sukses

Lifestyle

5 Fakta tentang Liver yang Harus Kamu Tahu Demi Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Ketika kondisi kesehatanmu baik, kamu mungkin tak akan memikirkan tentang kondisi livermu. Meskipun begitu, liver merupakan salah satu organ yang sangat penting. Karena itu, mengenal cara kerja dan beberapa gangguannya sangat penting buatmu. 

Karena, ketika fungsi livermu sudah terganggu, akan sulit untuk mengembalikan fungsi itu kembali. Dilansir dari Everyday Health, ada beberapa fakta kesehatan liver yang mungkin penting untuk kamu ketahui. Sehingga, kamu memiliki pengetahuan dasar mengenai cara untuk menjaganya. 

1. Seperti organ lainnya, liver juga harus kamu jaga dan selalu kamu rawat. Selain dari gaya hidup, kamu juga bisa merawatnya menggunakan makanan yang sehat. Profesor dari Emeritus of Internal Medicine di University of Chicago, Timothy T. Nostrant, MD, mengatakan kamu harus makan makanan yang kaya dengan nutrisi. Makanan yang penuh dengan bahan pengawet akan menghancurkan livermu. 

10 Makanan yang Bisa Membersihkan Liver Kamu | via: hmitp-ub.com

2. Terutama, makanlah makanan yang mengandung protein dari sayur-sayuran. Fokus pada makanan organik dan natural. Artinya, bukan makanan cepat saji atau frozen food. Buat kamu yang livernya diselimuti lemak jahat, lebih baik berolahraga dan juga kurangi makanan berlemak.

10 Makanan yang Bisa Membersihkan Liver Kamu | via: fredikurniawan.com

3. Ada beberapa tanda ketika livermu mengalami gangguan atau bahkan kehilangan fungsinya. Salah satunya adalah rasa lelah yang luar biasa. Kamu juga mungkin akan mengalami muntah-muntah, tak nafsu makan, air kencing berubah menjadi cokelat. Kalau sudah parah, bola mata bagian putihmu akan berubah menjadi kekuningan. 

4. Ada tiga penyakit liver yang biasanya diderita banyak orang. Antara lain, liver yang dikelilingi lemak atau biasa disebut dengan fatty liver, hepatitis C, serta penyakit keturunan yang menurunkan fungsi liver. Untuk itu, penting sekali untuk memelihara kesehatan livermu, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading