Sukses

Lifestyle

30 Tanaman Apotek Hidup dan Manfaatnya Part 2

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan itu sepenting mempertahankan kecantikan dan juga kesegaran. Bukan cuma untuk hari ini, tapi kesehatan harus dirawat untuk masa depan. Jangan sampai kamu sakit-sakitan di hari tua. Nah, untuk menjaga dan juga mengobati gangguan kesehatan yang kini sedang kamu miliki, tak perlu lagi mengonsumsi obat kimiawi. Kamu bisa menggunakan tanaman apotek hidup

Biasanya, tanaman apotek hidup berupa sayur dan juga bumbu-bumbu dapur yang punya banyak khasiat. Tapi ternyata, buah-buahan juga punya banyak manfaat untuk kesehatanmu. Bahkan bisa mengobati berbagai penyakit. Dilansir dari berbagai sumber, simak pembahasannya di bawah ini. 

1. Alpukat: Bukan hanya enak sebagai campuran es, buah alpukat juga punya banyak manfaat. Salah satunya sebagai penghalus rambut yang kering. Selain itu, alpukat juga baik untuk kamu yang menderita kolesterol karena lemak yang dimiliki alpukat bukan lemak jahat. Orang yang sering mengonsumsi alpukat juga akan terhindar dari penyakit ginjal. 

7 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan. (Foto: rd.com)

2. Jambu Merah: Pernahkah kamu mendengar, orang yang sakit demam berdarah sebaiknya minum jus jambu merah tanpa gula dan susu? Ya, jambu merah ini juga bisa membantu penyembuhan pasien yang terkena demam berdarah. Karena jambu merah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga bisa meredakan batuk pada anak dan menyehatkan mata. 

Sejumlah ruko di Surabaya, tadi malam ludes terbakar. Sementara itu, buah jambu biji merah ternyata bisa juga diolah menjadi kue bolu.

3. Jeruk: Bukan cuma kaya vitamin C, jeruk juga bisa membantu mencegah kanker. Orang-orang yang berisiko memiliki sakit ginjal atau batu ginjal juga bisa mengonsumsi buah jeruk. Di musim hujan, anak-anak biasanya akan mengalami demam dan flu. Tak perlu susah-susah mencari obat yang cocok. Berikan saja perasan jeruk hangat. 

Cantik dengan jeruk. (via: istimewa)

4. Belimbing: Bukan hanya sayuran hijau yang bisa menyehatkan pencernaan. Tapi belimbing pun bisa! 

Belimbing ternyata punya banyak khasiat! Apa saja keajaibannya? | via: wartakesehatan.com

5. Kelapa: Baik air dan juga dagingnya, kelapa sangat kaya manfaat. Airnya bisa kamu minum tanpa gula dan susu, untuk meluruhkan seluruh racun yang ada pada tubuhmu. Selain itu, kelapa juga sangat baik untuk pankreas, jantung, dan pencernaanmu. 

Diet juga jadi salah satu keunggulan dari mengonsumsi air kelapa selama satu minggu.

6. Salak: Memang, tak semua orang punya lahan cukup untuk menanam salak. Tapi kalau masih ada lahan, sebaiknya tanam saja pohon salak. Karena buahnya sangat berkhasiat, terutama untuk mengatasi diare. Tapi, juga bisa melancarkan buang air besar. Selain itu, kalau kamu punya asam lambung yang tinggi, juga bisa diatasi dengan buah ini. 

Foto: Biji Salak (Shutterstock)

7. Tomat: Sebagian orang menganggap tomat sebagai sayur, karena kerap ditemukan dalam sup dan masakan lainnya. Tapi, tomat ternyata juga termasuk ke dalam buah-buahan. Tomat berkhasiat untuk melindungi sistem jantung, memperlancar peredaran darah, mengecilkan pori-pori wajah dan lainnya. 

Berikut beragam manfaat tomat untuk kecantikan kulit yang patut Anda ketahui.

8. Kelengkeng: Buah yang manis dan lezat ini juga punya banyak khasiat. Kelengkeng ternyata juga mengandung banyak vitamin C, seperti jeruk. Dan, bukan cuma susu, buah ini juga bisa memperkuat tulangmu. 

Kelengkeng | via:

9. Pepaya: Biasanya, kamu akan disuruh memakan pepaya kalau buang air besar tidak lancar. Tapi ini bukan satu-satunya khasiat yang dimiliki buah ini. Pepaya juga bisa menangkal radikal bebas, mencegah penyakit jantung, anti inflamasi, dan mengurangi berat badan. 

Ilustrasi buah pepaya | Via: istimewa

10. Mentimun: Selain segar saat dimakan dan dijadikan minuman, mentimun juga kaya dengan khasiat. Mentimun sangat baik buat kamu yang kegemukan karena bisa mengurangi kolesterol. Bukan cuma mencegah, mentimun juga mengobati diabetes. Jadi, tak perlu mencari obat kimiawi. Kamu bisa memanfaatkan tanaman apotek hidup di sekitar rumahmu. 

Ilustrasi mentimun (iStockphoto)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading