Sukses

Lifestyle

30 Tanaman Apotek Hidup dan Manfaatnya Part 1

Fimela.com, Jakarta Apotek hidup, atau pemanfaatan lahan untuk menanam tanaman obat kini semakin jarang lantaran semakin padatnya rumah penduduk. Bahkan, sebagian besar rumah tak memiliki lahan yang cukup untuk menanam sesuatu. Padahal, kalau kamu bisa menanam tanaman, bukan hanya berguna dan mengurangi pengeluaran karena tak perlu membeli bumbu, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan. 

Ya, sebagian tanaman yang biasa ditanam di halaman rumah bisa menjadi obat. Tanaman obat ini bahkan memiliki khasiat anti kanker dan juga menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja? Simak bahasan di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Bawang Putih: Bukan cuma dibutuhkan untuk bumbu makanan, bawang putih ternyata punya khasiat yang luar biasa. Antara lain anti virus dan bakteri, anti inflamasi,menurunkan tekanan darah, antioksidan, serta menjaga dari infeksi saluran pernapasan. Jadi, jangan ragu untuk menanam bawang putih di halamanmu, ya!

Bawang putih memiliki senyawa allyl sulfida metil (AMS) yang sulit dipecah selama proses pencernaan.

2. Daun singkong: Dulu, kamu mungkin sering membuat kalung dari daun singkong. Ternyata, bukan hanya enak dimakan, daun ini juga membantumu agar buang air menjadi lancar. Tak perlu lagi mengonsumsi fiber buatan. Selain itu, daun ini juga cocok buat kamu yang kurang darah. Selain itu, daun ini juga baik untuk regenerasi sel. 

Daun singkong sangat dikenal masyarakat Indonesia, terutama sebagai bahan untuk membuat sayur maupun lalapan.

3. Daun pepaya: Meski daun ini terasa sangat pahit, tapi khasiatnya luar biasa. Daun pepaya ini merupakan obat anti malaria. Selain itu juga merupakan anti kanker dan bisa menghambat perkembangan bakteri jahat. Klaau kamu sedang datang bulan dan perut terasa sangat sakit, daun pepaya ini bisa membantu meredakannya. 

Ternyata daun pepaya gak cuma enak buat lalapan doang, lho. Tumbuhan itu punya segudang manfaat kesehatan yang cakep.

4. Belimbing Wuluh: Jarang ada yang tahu, belimbing wuluh ternyata bisa menghilangkan panu. Selain itu, buah ini juga bisa mengobati diabetes, batuk, gondok, rematik, pegal linu, hipertensi dan jerawat. 

Belimbing Wuluh | via: vanillaseven.com

5. Taoge: Meski ada beberapa orang yang tak suka, taoge ternyata banyak khasiatnya. Sebagian orang mengonsumsi taoge supaya memiliki kulit yang indah. Tapi taoge ini juga kaya akan serat. Tak hanya itu, sayuran ini juga baik untuk kesehatan mata dan jantung. 

Sayuran taoge punya sejuta manfaat, lho!

6. Daun Cincau: Selain segar dan meredakan panas dalam, daun yang kerap dibikin minuman ini juga sangat baik untuk pencernaan. Kalau kamu sulit buang air besar, tinggal peras daun cincau dan minum airnya dua kali sehari. Pencernaanmu akan lancar kembali tanpa harus menggunakan bahan kimia. 

Daun Cincau | via: NusaTani.com

7. Daun Jarak: Dulu, pernahkah kamu mendengar kalau getah daun jarak itu berkhasiat untuk menyembuhkan sakit gigi? Ternyata, ada banyak manfaat lainnya. Daun ini bisa mengatasi bengkak akibat terpukul, terkilir, dan rematik.

Dua bagian pohon jarak cina yang dapat dimanfaatkan untuk dibuat ramuan adalah daun dan tangkainya yang mengandung getah

8. Temu Lawak: Tak perlu membeli jamu temu lawak, kamu tinggal menanamnya di halaman. Temu Lawak juga punya banyak manfaat. Antara lain sebagai anti inflamasi (anti radang), anti hepototoksik (anti keracunan empedu), hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi.

Temu Lawak | via: merahputih.com

9. Lidah Buaya: Memang, ada banyak supermarket yang menjual lidah buaya. Namun, menanamnya sendiri di pekarangan rumah akan membuatmu lebih laluasa untuk mengambilnya untuk dikonsumsi. Lidah buaya, selain segar jika dimakan dan dijadikan minuman, juga punya banyak khasiat. Antara lain mengobati diabetes mellitus, sembelit, adang tenggorokan, ambeien, sembelit, penurun kadar gula darah, penyubur rambut, batuk (yang membandel), radang tenggorokan, salit kepala, pusing, kejang pada anak, kurang gizi, muntah darah, kencing manis, wasir, peluruh haid, luka terpukul, dan luka bakar.

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan. (Foto: cushfood.com)

10. Daun Dewa: Dari namanya saja, daun ini sudah menunjukkan kalau sangat berkhasiat. Ya, daun ini merupakan salah satu dari ribuan jenis daun lainnya yang bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuhmu. Selain itu, daun ini juga merupakan obat yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Juga menyembuhkan memar, radang dan menurunkan demam

Daun Dewa | via:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading