Sukses

Lifestyle

Marie Muhammad, Pejabat Orde Baru yang Berani Ukur Rumah Soeharto

Fimela.com, Jakarta Mantan Menteri Keuangan RI, Marie Muhammad tutup usia Minggu (11/12/2016) dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta. Mar’ie yang mengembuskan nafas terakhir di usia 77 tahun itu dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan di hari yang sama.

Semasa hidupnya Marie dikenal sebagai pejabat yang anti terhadap korupsi di era Orde Baru. Lahir di Surabaya 3 April 1939, Mar'ie Muhammad mengawali perjalanan karier di Kementerian Keuangan sejak 1969. Mengutip laman Kemenkeu, Marie diangkat Presiden Soeharto menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Pembangunan VI pada 17 Maret 1993.

Presiden Indonesia yang menjabat selama 32 tahun, Soeharto itu menyimpan pesan yang tetap relevan hingga kini

Sebagai Menteri Keuangan Mar’ie mendapat julukan Mr Clean yang artinya bersih. Dilansir dari Liputan6.com, Senin (12/12/2016), julukan tersebut diberikan oleh Marie karena mampu mengelola harta kekayaan negara dengan cara-cara yang bersih dan transparan. Namanya mulai mengemuka saat menjadi Dirjen Pajak dari tahun 1988-1993.

Ia berhasil membersihkan Ditjen Pajak tahun 1989 yang terkenal sebagai “lahan basah” bagi oknum PNS petugas pajak. Seperti dilansir dari lama Jurnas, Kong kalikong antara oknum PNS dan para wajib pajak adalah hal umum kala itu. Namun Mar`ie berani menyatakan ke publik kalau ada kerugian negara sampai triliunan rupiah.

Mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad. foto: blog-pgn.blogspot.com

Banyak yang ketar-ketir dengan keberanian Mar`ie Muhammad ketika itu. Ia memang tidak menganut gaya ABS (Asal Bapak Senang) seperti kebanyakan pejabat di masa itu. Bahkan Presiden Soeharto kabarnya sempat panas dingin karena tak menduga akan ada pejabat yang berani terbuka di bawah genggaman kekuasaannya yang super kuat.

Mar’ie turun tangan sendiri memimpin timnya mengukur rumah kediaman Presiden Soeharto untuk memastikan wajib pajak sang presiden kala itu dalam hal PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Namun Pak Harto waktu itu tak bisa marah. Karena di bawah kegigihan dan keberanian Mar`ie, pemerintah berhasil melampaui target penerimaan pajak dari Rp 9 triliun menjadi Rp 19 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani beri penghormatan terakhir untuk Mar'ie Muhammad.(Liputan6.com/Dok. Pribadi)

Prestasi itu yang membuat Soeharto kemudian mengangkat Mar’ie Muhammad menjadi Menteri Keuangan di tahun 1993. Sampai akhir hayatnya, Mar’ie punya retetap dikenal mempunyai reputasi bersih, sederhana dan lurus.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading