Sukses

Lifestyle

Banyak Waktu Bersama Orangtua Bisa Bikin Mereka Panjang Umur

Fimela.com, Jakarta Kebersamaan anak dengan orangtua bukan sekadar memberikan ketenangan serta kebahagiaan bagi keduanya. Khusus untuk orangtua, kebersamaan dengan anak itu bisa memperpanjang hidup mereka, lho!

Ilmuwan seringkali mengejutkan kita dengan temuan penting. Seperti yang satu ini, contohnya. Para penelieti dari University of California telah menemukan bagaimana caranya memperpanjang hidup orangtua dan membuat mereka merasa lebih baik. Resepnya sangat sederhana.

Bright Side memaparkan dalam situsnya tentang hasil penelitian tersebut. Jadi, resep sederhana untuk memperpanjang hidup orangtua adalah curahan perhatian dari anaknya!

Peneliti mengobservasi 1600 orangtua dengan rata-rata sia 71 tahun dan menemukan fakta bahwa perasaan kesepian lah yang memegang kunci penting dalam mempercepat proses penuaan, berkaitan dengan kematian. Faktor lain seperti kesehatan dan status sosial serta ekonomi malah tidak termasuk di dalamnya.

Semakin banyak waktu yang diberikan anak untuk orangtuanya, semakin panjang umur mereka. (Foto: huffingtonpost.com)

Penelitian yang dilakukan selama 6 tahun ini menunjukkan angka kematian lansia yang sering dikunjungi oleh keluarganya berkisar 14%, sementara yang jarang dikunjungi sebesar 23%. Semakin tua seseorang, ia akan semakin butuh merasa dekat dengan keluarganya, sementara generasi di bawahnya justru akan jarang berkomunikasi dengan orang yang lebih tua.

Semakin banyak waktu yang diberikan anak untuk orangtuanya, semakin panjang umur mereka. (Foto: huffingtonpost.com)

Secara umum, orangtua lebih toleran terhadap kelemahan kerabatnya. Mereka selalu siap berbagi pengalaman dan nasihat kepada yang lebih muda. Karena itu, penting untuk mengingat waktu yang diberikan oleh orangtua, dan masih mereka berikan, juga betapa butuhnya mereka akan kepedulian dan perhatian kita. Dengan satu hari dalam seminggu atau satu percakapan lewat telepon setiap hari, kamu akan meningkatkan kesempatan mereka untuk hidup lebih lama dan bahagia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading