Sukses

Lifestyle

Resep Kue Klepon, Penganan 90-an yang Bisa Meledak di Mulut

Fimela.com, Jakarta Buat yang suka dengan kue-kue tradisional Indonesia seperti klepon, ada banyak jajanan pasar yang banyak kita jumpai. Biasanya mereka menjual kue-kue khas 80-an, 90-an atau bahkan yang lebih lama lagi di sejumlah pasar.

Sekarang ini di sejumlah pasar modern maupun tradisional kerap menjual kue-kue tradisional di pagi hari atau sering disebut dengan kue subuh. Kue klepon atau kelepon termasuk yang masih banyak disuka sampai sekarang.  Kue klepon ini dalamnya terdapat gula merah yang sangat manis legit, dan juga parutan kelapa yang menambah kegurihan makanan yang satu ini.

Rindu jajanan tradisional khas Indonesia? Semua bisa ditemukan di Pasar Kue Subuh Senen (Foto: Wordpress.com/kuesubuhsenen)

Selain di pasar kue tradisional, penganan ini biasanya juga dijual bareng kue putu. Penjual kue putu yang baru keluar di sore hari, banyak yang membawa kue klepon sebagai ‘teman’ kue putu. Wajar saja kalau makanan ini jadi favorit bagi sebagian orang dari masa ke masa. Karena rasanya yang enak, manis, dan juga gurih, jadi semua rasa sangat komplit berada di dalam makanan ini.

Uniknya, memakan kue ini seperti ada ‘ledakan’ dalam mulut kita, yaitu isi klepon yang berupa gula merah. Kalau kita menggigit semua bagian kue saat masih di luar mulut, siap-siap saja terkena cipratan gulanya. Makanya banyak yang memilih menggigit kue ini saat sudah masuk ke dalam mulut.

Selain bisa membeli dari penjual kue klepon, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah dan bahan-bahannya pun termasuk murah.

Seperti dilansir dari laman resep dan masakan, bahan utama pembuatan kelepon biasanya menggunakan tepung beras ketan atau bisa juga menggunakan tepung ubi. Namun kita akan menggunakan tepung beras ketan yang mungkin lebih gampang mendapatkannya. Berikut ini resep membuat kue klepon, penganan khas 90-an, seperti dilansir dari cookpad.

Bahan yang disiapkan:

Kue Klepon. foto: cookpad

250 gram Tepung Beras Ketan
50 gram Tepung Beras
Pasta Pandan secukupnya
150 ml Air
1 sendok teh Garam Halus
1 butir Kelapa

Bahan Isian
Gula Merah secukupnya
Gula pasir secukupnya
1 liter Air

Kue Klepon. foto: cookpad

Cara Pembuatannya:

Campur tepung beras ketan dan tepung beras putih, air, garam dan pasta pandan. aduk rata.

Setelah adonan diuleni, gula merah disisir halus untuk isian.

Kue Klepon. foto: cookpad

Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri sedikit gula merah. Lalu rapatkan dan bentuk bulat menyerupai bola.

Masak air sampai mendidih, lalu celupkan bola-bola klepon, biarkan sampai matang dan mengapung.

Kue Klepon. foto: cookpad

Angkat setelah matang. Langsung gulingkan dalam kelapa parut kukus yang sudah dibubuhi garam dan gula pasir.

Kue klepon siap disajikan.

Kue Klepon. foto: cookpad

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading