Sukses

Lifestyle

Benarkah Nanas Muda Bisa Gugurkan Kandungan?

Fimela.com, Jakarta Nanas, buah lezat yang rasanya sedikit asam, kerap disebut-disebut sebagai buah yang sangat dilarang untuk ibu hamil. Apa lagi, nanas tersebut masih muda dan usia kandungan pun belum masuk 4 bulan. Sebagian orang berpikir, kabar ini merupakan mitos belaka. Karena pada beberapa kasus, ibu hamil yang mengonsumsi nanas muda tetap sehat, baik ibu dan kandungannya. 

Meskipun begitu, salah satu media nasional pernah memuat sebuah artikel mengenai hal ini. Kepada media tersebut, seorang dokter pemerhati gaya hidup Grace Judio-Kahl, mengatakan nanas muda memang bisa menggugurkan kandungan yang usianya masih belia. 

Pasangan yang sering tampil mesra, Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie. Dengan mengenakan bikini dengan perut buncit saat usia kandungannya dua bulan. Selain itu, pesinetron itu juga mengabadikan lewat seorang fotografer profesional. (Instagram)

Karena, nanas muda mengandung enzim bromelain yang bisa memicu meningkatnya kontraksi pada rahim sang ibu hamil. Hal ini ternyata juga pernah dimuat majalah kesehatan Amerika Serikat, Live Strong. Mereka mengutip tulisan Rana Conway dalam buku Waht to Eat When You're Pregnant. 

Dalam buku tersebut mengatakan, bromelain memecah protein. Sementara, janin yang masih berusia kurang dari 4 bulan terbentuk dari protein. Maka, masuk akal jika ibu dengan kandungan usia 3 bulan atau kurang yang mengonsumsi nanas muda lantas mengalami pendarahan dan keguguran.

Buah Nanas untuk Pengobatan TBC

Namun, seberapa banyak nanas muda bisa menggugurkan kandungan? Conway mengatakan dalam bukunya, tentu gugurnya janin membutuhkan kandungan bromelain yang cukup banyak. Jadi, kalau ibu hamil mengonsumsi sedikit nanas muda, mungkin tak akan mengalami keguguran. Meskipun Conway mengatakan hal ini, lebih baik kamu konsultasikan kepada dokter kandunganmu, sebelum memutuskan untuk memakan nanas muda sedikit saja, pada saat mengandung. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading