Sukses

Lifestyle

Teliti Sebelum Pasang Aplikasi di Ponsel

Fimela.com, Jakarta Pengguna ponsel terutama smartphone sekarang ini semakin menjamur. Salah satu keunggulan smartphone atau ponsel pintar adalah memungkinkan kita memiliki berbagai aplikasi, mulai dari penunjang kerja sampai aplikasi untuk mengisi waktu luang.

Melalui fasilitas yang ada di ponsel pintar, banyak pilihan aplikasi yang bisa diunduh. Bahkan cukup banyak yang bisa dipasang atau diunduh secara gratis. Hal itu tak jauh beda dengan iPhone. Yang jadi masalah, bagaimana tingkat keamanan aplikasi yang ditawarkan, mengingat ponsel menyimpan begitu banyak data pribadi.

Ilustrasi: sekarang ini banyak pengguna smartphone menggunakan perangkatnya untuk membaca berita (sumber: thenewshacker.com)

Donny Koesmandarin, Territory Channel Manajer Kaspersky Lab Indonesia, mengungkapkan umumnya para pengguna hanya mengecek logo aplikasi saat ingin mengunduh.

Ia menyarankan agar lebih teliti untuk menghindari masalah dan hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti dilansir dari antaranews, setidaknya ada empat hal yang harus diperhatikan sebelum memasang aplikasi tersebut di ponsel pintar kamu.

Cek pembuat aplikasi

Rasanya tidak banyak pengguna ponsel yang memperhatikan kesesuaian antara aplikasi dengan perusahaan yang secara resmi membuatnya. Saat hendak mengunduh aplikasi melalui App Store atau Play Store misalnya, umumnya orang melihat ulasan apakah perangkat lunak tersebut dapat berjalan dengan baik.

Google Play Store. (Istimewa)

Toko aplikasi resmi

Usahakan kamu mengunduh dari toko resmi penyedia aplikasi, misalnya Play Store untuk perangkat Android dan App Store untuk iOS atau iPhone. Tempat seperti itu umumnya menyeleksi aplikasi yang akan masuk ke toko mereka sebelum bisa diunduh oleh para pengguna. Jadi biasanya akan lebih aman dan terjamin,

Baca ulasan

Sebelum memasang sebuah aplikasi, ada baiknya kita baca ulasan-ulasan yang diberikan oleh mereka yang pernah menggunakan perangkat lunak tersebut, terutama bila akan memasang aplikasi open source. Kita harus waspada kalau ada yang komplain tentang aplikasi tertentu.

Former CIA Officer Joshua Katz has created 'TerrorView' app which now has become available on iOS App store and Google Play.

Cek sumber
Bila sudah mengunduh aplikasi tersebut, ada baiknya kita mengecek source, atau sumber aplikasi tersebut. Hal ini berlaku juga untuk aplikasi yang berasal dari browser. Donny menyarankan untuk menggunakan antivirus yang bisa mengecek source aplikasi tersebut untuk mempermudah pekerjaan.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading