Sukses

Lifestyle

Ridwan Kamil, Manfaatkan Sampah Botol Bekas untuk Dinding Rumah

Fimela.com, Jakarta Walikota Bandung Ridwan Kamil, marah ketika mengetahui penampakan Trotoar Jalan Ir. H Djuanda (Dago) yang kotor dipenuhi dengan sampah yang berserakan. Dalam meluapkan amarahnya, Kang Emil—biasa Ridwan kamil disapa— sampai mengumpat di akun instagramnya.

 Rumah Ridwan Kamil terbuat dari botol bekas | foto : konsep rumah unik

Kemarahan Kang Emil sangatlah wajar. Apalagi Kang Emil diketahui sangat mencintai lingkungan. Arsitek lulusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung ini, bahkan piawai dalam memanfaatkan barang bekas.

Salah satu contohnya adalah Rumah miliknya yang didesain sebagai rumah hijau yang berorientasi pada konsep cinta lingkungan. Ia membangun rumahnya dari 30.000 botol kaca bekas minuman energi.

Emil mengumpulkan puluhan ribu botol kaca bekas itu selama enam bulan. Ia menunjukkan komitmennya yang sangat tinggi terhadap konsep rancangan dan idenya untuk sekaligus mengurangi sampah di kotanya. Hasilnya rumahnya nyaman, hemat energi, dan sehat karena sirkulasi udara lancar.

Ridwan Kamil, Manfaatkan Botol Bekas untuk Dinding Rumah | foto : Ayo sebarkan

Dilansir dari salh satu media online,, rumah hasil karya Ridwan Kamil ini mendapat gelar juara dalam Green Design Award 2009, yang diselenggarakan oleh BCI Asia (Building Construction Information Asia). Rumah tinggalnya yang memanfaatkan botol bekas minuman berenergi itu ternyata berhasil menyisihkan karya delapan puluh peserta lain dari delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Hongkong, dan Cina.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading