Sukses

Lifestyle

4 Tipe Karyawan, Kamu yang Mana?

Fimela.com, Jakarta Dalam sebuah perusahaan, ada beragam jenis atau tipe pekerja dengan segala sikap dan perilakunya. Semua orang memang ditakdirkan memiliki sifat dan kepribadian yang beda, dan ini bisa terbawa dalam kehidupan profesionalnya.

Mungkin terdengar tidak penting, tapi perlu bagi kamu untuk mengetahui tipe pekerja yang menjadi rekan kerja sehingga kamu bisa memperhitungkan sikap dan tindakan yang harus dilakukan untuk menghadapi mereka.

Berikut 4 tipe pekerja yang pasti ada di setiap tempat kerja seperti diungkap sekelompok peneliti yang dipublikasikan dalam jurnal Harvard Business Review seperti dilansir dari laman Glamour.

Pionir

Mereka ramah, mudah beradaptasi, melihat gambaran besar, spontan, berani mengambil rIsiko, dan suka berimajinasi.

Tipe pionir adalah tipe karyawan yang condong bisa menjadi pemimpin. Pionir senang mencoba ide baru, mengambil risiko, imajinatif, dan pemimpi besar.

ilustrasi dunia kerja | foto : istimewa

Pendorong

Mereka kuantitatif, logis, fokus, kompetitif, berani bereksperimen, dan penuh rasa ingin tahu

Tipe ini pandai dalam membuat keputusan. Mereka juga sangat peduli dengan hasil dan data. Namun, mereka juga seringkali kurang sabar dan berisiko melakukan sesuatu tanpa berpikir dengan matang.

Integrator

Mereka diplomatis, mudah berempati, tradisional, sangat menjaga hubungan, termotivasi, dan tidak suka konfrontasi

Tipe ini percaya bahwa membangun relasi di tempat kerja sangatlah penting. Oleh karena itu, mereka lebih sering ditemukan sedang berbincang-bincang dengan rekan kerjanya daripada bekerja.

ilustrasi dunia kerja | foto : istimewa

Pelindung

Mereka metodis, pendiam, berorientasi pada detail, praktis, testruktur, dan setia

Tipe pelindung sangat rentan terhadap stres. Lalu, tipe pelindung seringkali tidak akan bertindak atau berbicara tanpa persiapan yang matang. Akibatnya, mereka seringkali dilupakan dalam diskusi walaupun opini atau solusi yang bisa mereka berikan sangat membantu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading