Sukses

Lifestyle

Dengan Hyperloop, Jakarta-Bandung Bisa Ditempuh 9 Menit!

Fimela.com, Jakarta Apa transportasi yang tercepat saat ini? Jawabannya bisa bermacam-macam, bergantung pada banyak hal seperti jarak tempuh dan kendaraan yang digunakan. Tapi dalam beberapa tahun ke depan, sepertinya Hyperloop akan jadi yang tercepat. Nama Hyperloop mungkin masih asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia.

Padahal Hyperloop sudah cukup menggema di jagat teknologi transportasi luar negeri, khususnya di Amerika Serikat (AS). Seperti dilansir dari liputan6.com, Hyperloop adalah armada kereta supercepat yang diprakarsai oleh miliarder teknologi kenamaan Elon Musk.

Transportasi super cepat besutan Hyperloop Transportation Technologies. (Foto HTT)

Sekarang di Indonesia, via Kementerian Perhubungan, dikabarkan sudah menandatangani kerja sama dengan mitra Hyperloop di Indonesia. Adalah Hyperloop Transtek Indonesia, perusahaan yang didapuk untuk mengembangkan kereta supercepat ini. Teknologi terbaru ini diharapkan bisa jadi salah satu solusi untuk memecahkan masalah kemacetan di Indonesia.

Kalau nanti benar-benar terjadi, Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki sistem transportasi Hyperloop. Sedangkan negara lain yang juga sedang mengembangkan proyek ini adalah Perancis, Republik Ceko, Slowakia, dan Uni Emirat Arab. Meski nantinya akan seperti ‘kereta’, Hyperloop tidak akan mengusung skema transportasi via rel kereta.

Konsep sistem Hyperloop yang diajukan oleh Hyperloop Transportation Technologies. (Sumber HTT)

Ia akan mengusung bentuk tabung atau kapsul, yang bisa mengangkut sekitar 40 orang. Untuk landasan pacunya, akan ada stator aktif dibangun ke trek dan bereaksi dengan magnet yang dibangun ke dalam kapsul, sehingga mendorongnya melalui tabung tersebut.

Karena memiliki tekanan udara yang lebih rendah, ini berarti meminimalisir gesekan yang memperlambat gerakan kapsul, dan koil stator tetap bergerak secara merata. Hyperloop mampu memindahkan penumpang atau juga barang dalam hitungan waktu yang begitu singkat.

Hyperloop (CNBC)

Bahkan, menurut taksiran HTT, perjalanan dari Jakarta ke Bandung dengan menggunakan Hyperloop hanya memakan waktu 9 menit saja. Sedangkan dari Jakarta ke Yogyakarta hanya memakan waktu 25 menit. Kalau memang bisa terwujud, Hyperloop bisa menjadi mobilitas transportasi paling diprioritaskan karena supercepat dan irit waktu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading