Sukses

Lifestyle

Equinox Terjadi Hari Ini, Berapa Kira-kira Suhu Jakarta?

Fimela.com, Jakarta Fenomena Equinox terjadi hari ini, Selasa (21/3), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan suhu di Jakarta akan lebih panas ketimbang wilayah lain di Indonesia. Dikatakan, temperatur Ibu Kota akan menyentuh angka 35,6 derajat Celcius.

"Berdasarkan hasil pengamatan suhu maksimum di wilayah Indonesia, suhu maksimum yang terukur tertinggi saat ini terjadi di wilayah Jakarta dengan kisaran 35,6 derajat Celsius," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Yunus S Swarinoto kepada Liputan6.com, Senin (20/3).

Fenomena Equinox Buat Resah, Ini Penjelasan BMKG. (Foto: upload.wikimedia.org)

Sementara sejumlah daerah, sambung Yunus, punya suhu yang berkisar di angka 33 hingga 35 derajat Celcius. Equinox sendiri merupakan fenomena astronomi, di mana posisi semu matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa. Peristiwa alami ini biasanya terjadi dua kali dalam setahun, yakni sekitar 20 - 21 Maret dan 22 - 23 September.

Yunus menjelaskan, fenomena Equinox dapat menyebabkan distribusi cahaya matahari relatif lebih signifikan di sekitar ekuator, sehingga kondisi permukaan Bumi bisa lebih panas dari biasanya. "Akan tetapi, peningkatan suhu permukaan Bumi tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena kondisinya masih dalam batasan normal dan biasa," tuturnya.

Ilustrasi fenomena equinox. (pixabay.com)

Berdasarkan keterangan Yunus, suhu rata-rata di wilayah Indonesia saat periode Equinox berkisar antara 32 - 36 derajat Celsius. "Dan itu tergantung pada kondisi cuaca. Jika banyak awan, maka suhu maksimumnya relatif tidak terlalu panas," tandasnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading