Sukses

Lifestyle

Bahasa Cinta dari Berbagai Negara, Nomor 9 Bacanya Gimana, ya?

Fimela.com, Jakarta Perasaan, kadang-kadang terlalu kompleks untuk diungkapkan dengan tepat setiap detilnya. Seringkali pula perasaan yang kompleks itu dirangkum menjadi satu kalimat sederhana, "aku cinta kamu" atau "i love you." Tapi jangan terpaku di situ, sebab bahasa cinta itu banyak sekali!

Bukan hanya ungkapan cinta dalam bahasa Inggris maupun Indonesia, kalau kamu mempelajari budaya di banyak negara, masing-masing akan memiliki bahasa atau istilah untuk mengungkapkan cinta, lho. Di bawah ini, Bintang.com melansir dari Huffington Post, 10 kata untuk aktivitas yang menggambarkan cinta dari berbagai penjuru dunia. Cek, deh. Bahasanya pasti masih asing di telingamu.

#1 Mamihlapinatapei berasal dari bahasa suku Yagan, Chili. Mamihlapinatapei berarti tatapan penuh arti di antara dua orang yang menginginkan sesuatu, namun sama-sama takut untuk mengungkapkannya duluan. Seperti misal, kamu mau nonton sama dia, tapi maunya dia yang mengajak duluan.

#2 Gigil. Bukan, ini bukan bahasa Indonesia yang artinya kedinginan! Tapi bahasa Tagalog, Philippines. Gigil berarti keinginan untuk mengelitiki sesuatu atau seseorang saking gemasnya.

#3 Ya'Aburnee. Kalau ditranslate ke bahasa Inggris, Ya'Aburnee ini berarti "you bury me!", yakni sebuah istilah yang digunakan untuk mengekspresikan harapan agar seseorang yang dicintainya ikut membawa dia pergi, jadi ia tak perlu merasakan luka dan dukanya kehilangan orang yang dicintai. Ya'Aburnee merupakan bahasa Arab-Lebanon.

#4 Forelsket. Tahu perasaan berbunga-bunga yang bikin kamu senyam-senyum sendiri saat jatuh cinta? Nah itu arti dari istilah Forelsket yang merupakan bahasa Norwegia.

#5 Iktsuarpok. Kamu pasti pernah merasakan yang namanya deg-degan saat hendak pergi berkencan dengan gebetan. Nah, perasaan deg-degan saat menanti kedatangannya itulah yang disebut dengan iktsuarpok dalam bahasa Greendland.

#6 Viraag. Saat kamu jauh dari dia lalu kamu merasa rindu dan hati nggak karuan, itulah viraag. Viraag merupakan bahasa India. Anak LDR, kalau lagi kangen pacar bisa kali ungkapin pakai kata viraag!

#7 Cafuné. Kata cafuné berasal dari bahasa Portugis. Cafuné adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan aktivitas membelai rambut orang yang kamu cinta!

#8 Oodal. Kalau kamu habis ribut karena hal-hal kecil sama pacar, terus kamu sok-sok ngambek, itulah oodal. Istilah ini berasal dari suku Tamil, Sri Lanka.

#9 Cwtch. Jangan bingung, ini dibaca kutch. Cwtch adalah istilah untuk perasaan damai yang hinggap di hati kamu setelah menerima pelukan dari orang tercinta. Asalnya dari suku Welsh, Wales.

#10 Flechazo. Asalnya dari bahasa Spanyol. Flechazo adalah perasaan ketika kamu terkena 'panah cinta'-nya cupid setelah berkomunikasi intens dengan seseorang.

Kamu pasti belum pernah dengar bahasa-bahasa ini kan? Coba dipelajari, biar kosa katamu semakin beragam saat mengungkapkan cinta ke pacar, suami, atau orang tua!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading