Sukses

Lifestyle

Kenapa Kamu Harus Tidur Siang?

Fimela.com, Jakarta Cewek yang sibuk banget setiap harinya, baik di sekolah, kampus, atau pun kantor pasti tak pernah lagi tidur siang. Padahal, dulu ketika kamu masih kecil, tidur siang tak pernah ketinggalan. Meskipun kamu sekolah pagi, usai makan dan beristirahat, kamu pasti tidur siang. Nah, waktu kamu sudah banyak kegiatan seperti di SMP atau SMA, kadang kamu masih sempatkan diri untuk tidur siang, walaupun bulan di rumah. 

Misalnya, di mobil atau angkot. Atau bahkan di kelas pada saat jam istirahat. Namun sayang, aktivitas yang semakin padat bikin kamu tak ada waktu untuk melakukan hal ini. Akhirnya, lama-kelamaan, badanmu sudah terbiasa untuk nggak tidur pada siang hari. Hal ini terjadi karena tubuhmu itu sangat mudah beradap tasi. Seminggu saja kamu absen bobo siang, pasti seterusnya kamu bakal sulit buat memulai lagi. 

Sayangnya, kalau kamu ingin kembali membiasakan diri untuk tidur siang, kamu pasti butuh waktu beberapa hari bahkan minggu untuk akhirnya terbiasa kembali. Padahal, tidur siang ini bukan cuma dianggap 'surga' tapi juga punya banyak manfaat dari segi kesehatan, lho

Siswa di kampus tidur siang | via: news.uic.edu

Dilansir dari situs Michel Hyatt, tidur siang ternyata bisa menjauhkanmu dari penyakit jantung. Penemuan ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2007 dan dipublikasi di Archives of Internal Medicine. Jadi, hasil penelitian itu menunjukkan, kamu yang tidur siang paling nggak 3 kali dalam seminggu, akan mengurangi 37% kemungkinan terjangkit dari penyakit jantung. 

Selain itu, tidur siang juga ternyata justru bikin kamu tambah produktif. Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard University pada tahun 2002 menunjukkan, para pekerja yang tidur siang selama 30 menit, menyimpan lebih banyak tenaga. Makanya, mereka yang tidur siang bekerja lebih giat, dengan sedikit human error, dan produktif. Jadi, jangan anggap orang yang tidur siang adalah pemalas, ya. 

Ilustrasi tidur siang di perpustakaan | via: hammacher.com

Lagi pula, kamu yang terus-terusan bekerja atau belajar tanpa istirahat justru nggak baik buat kesehatan mentalmu. Masih dari sumber yang sama, tidur siang juga bisa menjauhkanmu dari burnout, tingkat tertinggi setelah depresi. Soalnya, kalau kamu paksa tubuh untuk terus bekerja, atau belajar, atau beraktivitas meskipun kamu pikir aktivitas tersebut menyenangkan, bisa bikin kamu stres. Dan kalau hal ini dipupuk terus, lama-lama menumpuk jadi depresi dan akhirnya burnout. Makanya, yuk, tidur siang! Tapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan, ya girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading