Sukses

Lifestyle

Jangan Takut, Hadapi Ujian Nasional dengan Cara Ini

Fimela.com, Jakarta Ujian Nasional (UN) untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) yang dimulai sejak 10 Maret sampai 13 Maret 2017, telah diwarnai banyak cerita. Mulai dari angin puting beliung yang menerjang Bogor, hingga mati listrik yang mengganggu pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Namun pada pelaksanaan UN hari pertama di Jakarta, semuanya berjalan dengan lancar, "Alhamdulilah semua berjalan lancar dan baik," ujar Daryanto di Kantor Kemendikbud Jakarta, Senin (10/4/2017) dilansir dari laman Liputan6.com.

Ilustrasi Ujian Nasional. (Liputan6.com/Gempur  M Surya)

Meski mengaku pelaksanaan UN berjalan lancar, namun Daryanto menerima banyak laporan terkait pelaksanaan UN yang mengalami gangguan teknis dalam pelaksanaan UN termasuk kebocoran kunci jawaban. "Ada 17 laporan pengaduan yang telah kita terima hari ini. Beberapa di antaranya seputar isu kebocoran soal dan kunci jawaban, selebihnya terkait teknis," jelas Daryanto.

Ya, itu hanyalah sebagian kecil cerita yang saat UN berlangsung. Dalam setiap orang pun pasti memiliki dan kendala yang berbeda-beda, termasuk kan girls?

Ilustrasi Ujian Nasional. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kalau ditanya soal kendala yang dihadapi saat pasti sebagian besar siswa akan mengaku dirinya grogi dan stres. Kamu sadar gak girls, kalau dua hal tersebut justru bisa masalah lain saat kamu menghadapi. Nah biar kamu terhindar dari berbagai karena grogi dan stres waktu Ujian Nasional, simak tips berikut ini

Tips Hadapi Ujian Nasional

1. Stres hanya akan menambah masalahmu. Ingat, kamu harus menjalani UN dengan santai. Saat stres dan grogi, pikiranmu akan rumit fatalnya kamu malah nggak bisa ngerjain soal.

Jangan lupa peracaya diri saat Ujian Nasional. (via. Ellevate)

2. Percaya diri. Merasa takut dan grogi itu pasti, tapi jangan berlebihan girls. Yakin deh, percaya diri akan membantu kamu lebih mudah untuk menghadapi UN.

3. Tidur yang cukup. Di masa Ujian Nasional ini kebanyakan mereka yang harus menghadapi ujian kerap mengalami sulit tidur. Tapi kamu harus cukup tidur ya girls, jangan sampai kamu nanti punya mata panda!

Jangan lupa peracaya diri saat Ujian Nasional. (via. Airista Flow)

4. Perut kenyang. Nih yang suka disepelein. Sebelum berangkat UN, usahakan perut kamu itu udah aman. Laper itu akan mengganggu konsentrasi kamu.

5. Jangan lupa buang air. Stres bisa berdampak apa saja, termasuk mules. Kamu pernah kan stres sampai mules? Nah, untuk menghindari itu mending kamu buang air dulu, jangan sampai di tengah mengerjakan soal kamu kebelet. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading