Sukses

Lifestyle

Tips Sarapan Sehat Supaya Nggak Ngantuk Saat Mengerjakan Soal UN

Fimela.com, Jakarta Girls, buat kamu yang sedang menjalankan Ujian Nasional (UN), pasti sedang sibuk-sibuknya belajar atau fokus pada ujian. Selain pelajaran, kamu juga nggak boleh lupa lho sama yang namanya kesehatanmu. Jangan sampai kamu begadang sampai pagi demi belajar mati-matian. Soalnya kamu bisa saja jatuh sakit keesokan harinya. 

Kalau kamu sakit pada saat UN masih berlangsung, gimana caranya kamu konsentrasi dan berpikir keras untuk jawab soal? Nah, untuk menjaga kesehatan tubuhmu, jangan lupa untuk meminum jamu atau supplements yang bergizi untuk menambah tenaga. Selain itu, supplements ini juga berguna buat memperbaiki sistem kekebalan tubuh. 

Soalnya, stres dan juga cuaca yang kian berganti-ganti bisa saja membuatmu sakit. Selain kedua hal tersebut, kamu juga harus menjaga pola makan. Kamu yang sangat fokus dengan ujian kerap bangun kesiangan atau terburu-buru. Akhirnya lupa sarapan. Mungkin, sarapan menurutmu nggak terlalu penting. Tapi, sarapan itu bukan cuma supaya kamu kenyang. Tapi supaya kamu bertenaga dan tetap sehat meskipun banyak kegiatan dan sangat sibuk sama UN. 

Karena kamu sering terburu-buru, lebih baik pilih makanan yang bergizi tapi simpel. Juga jangan lupa yang kaya serat dan protein. Jadi, kamu nggak bakal keroncongan sampai nanti waktu makan siang. Orang Indonesia, sering banget makan nasi. Memang sih, nasi itu mengenyangkan. Tapi, ada makanan lain yang lebih simpel dan nggak bikin repot. Yaitu buah-buahan. 

Pisang + yogurt low-fat plain. (Via: webmd.com)

Salah satu buah yang bikin kamu kenyang seharian adalah pisang. Tapi jangan asal pilih, ya. Pisang yang paling baik untuk kamu makan pada pagi hari adalah pisang cavendish yang ukurannya besar. Sebenarnya, satu buah pisang sudah cukup buat pagi dan siang. Tapi, tiap orang kan beda-beda. Jadi, kalau pun kamu merasa satu pisang belum cukup, lebih baik cari makanan yang kaya protein atau serat. 

Misalnya, salad sayur dan buah. Kamu bisa langsung memakan sayur dan buah mentah setelah dipotong-potong. Tapi kalau kamu buru-buru dan harus cepat makannya, lebih baik kamu jus saja. Nggak usah takut sama jus sayuran dan buah. Rasanya bisa kamu bikin enak, kok. Pilih saja sayuran seperti bit atau sayuran hijau. Lalu campur dengan strawberry dan buah yang manis. 

Quinoa | via: brainscape.com

Kalau nggak suka sayuran hijau yang dijus, kamu juga bisa pilih wortel dan tomat. Lalu tambahkan buah-buahan yang kamu suka. Misalnya melon, apel, dan lainnya. Nah, supaya tetap sehat, jangan pakai gula dan juga susu kental manis, ya. 

Kalau kamu suka, roti gandum, oat, atau biji quinoa bisa bikin kamu merasa lebih kenyang juga, lho! Apa lagi, makanan ini lebih menyehatkan karena rendah kalori dan tinggi serat. Jadi, meskipun kamu sibuk belajar dan sering terburu-buru untuk ikut UN, jangan lupa untuk tetap sarapan biar nggak kelaparan selama mengerjakan soal ujian. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading