Sukses

Lifestyle

Sempat Dikecewakan Cinta, Bagaimana Jika Mau Kembali Memulainya?

Fimela.com, Jakarta Kecewa adalah bagian dari perjalanan hidup dan kisah cinta. Tak bisa dihindari, tapi selalu ada cara untuk mengatasinya selama kamu mau membuka diri. Seberapapun besarnya kekecewaanmu terhadap cinta terdahulu, takkan begitu saja menutup jalan untuk kedatangan yang lebih baik, asal kamu bisa membuka hati. Tapi, ya, membuka hati setelah merasakan kecewa yang luar biasa itu memang bukan perkara mudah.

Hatimu itu ibarat gelas kaca, dan cinta itu seperti air. Dalam keadaan hancur berkeping-keping, gelasmu takkan bisa menampung air. Jadi hal pertama yang harus kamu lakukan untuk kembali menerima air dalam gelasmu adalah dengan menyusun kembali kepingan itu menjadi sebuah wadah baru.

Bagaimana cara seseorang mengatasi kekecewaannya, juga berapa lama waktu yang dibutuhkannya memang berbeda-beda. Tapi pada dasarnya semua orang butuh formula yang sama kok untuk mewujudkan hal itu.

Jangan khawatir, girls. Nikamati saja semua sebagaimana adanya. Nanti ada waktunya kamu akan sembuh. Dari beberapa tahap untuk sembuh, kamu sudah sampai tahap yang mana?

Beberapa tahap yang harus dilewati untuk pulih dari kecewa karena cinta. (Foto: giphy)

1. Belajar memaafkan dia. Tak ada gunanya kamu berupaya melanjutkan hidup, menata semua yang berantakan karena kekecewaan itu dan mencari kebahagiaan baru, kalau kamu tidak memulainya dengan belajar memaafkan dia. Maafkan dulu agar tiada dendam di hatimu. Kalau sudah memaafkan, langkah selanjutnya akan lebih ringan.

Tahap-tahap Menyembuhkan Kecewa

2. Berdamai dengan dirimu sendiri. Jangan terlalu keras pada dirimu, jangan menyalahkan keadaan, jangan pula menyudutkan dirimu sendiri apapun yang terjadi. Setiap kekacauan dalam hubungan merupakan dampak dari kesalahan yang dilakukan kedua belah pihak, jadi tak perlu menyalahkan dia atau dirimu sendiri saja. Kalian hanya belum cukup kompak untuk menemukan solusi yang bisa menyenangkan kedua belah pihak.

Beberapa tahap yang harus dilewati untuk pulih dari kecewa karena cinta. (Foto: giphy)

3. Introspeksi diri, pelajari situasi, pahami permasalahannya dan telusuri bagaimana solusi yang semestinya. Lihat apa yang bisa kamu lakukan untuk semuanya jadi lebih baik, lihat bagaimana seharusnya itu terjadi, dan simpan untuk diri sendiri. Jadikan pelajaran hidup.

Beberapa tahap yang harus dilewati untuk pulih dari kecewa karena cinta. (Foto: giphy)

4. Manfaatkan energi kecewa yang besar itu untuk melakukan sesuatu yang positif, membangun kehidupan yang kamu inginkan, dan mengubah dirimu menjadi lebih baik. Kamu akan punya waktu banyak untuk mengenali dirimu dan melihat ke mana kamu ingin mengarahkan hidupmu sebenarnya.

Beberapa tahap yang harus dilewati untuk pulih dari kecewa karena cinta. (Foto: giphy)

5. Enjoy dengan dirimu dan waktumu sendiri, tanpa ada perasaan yang mengganggu kalau membayangkan kekecewaan itu, artinya kamu sudah sembuh dan siap menyambut cinta yang baru. Tidak perlu juga sibuk mencari. Kalau dirimu sudah siap, kamu hanya perlu lebih peka terhadap lingkungan sekitarmu.

Semangat, girls! Seberapa besarpun kekecewaanmu, pasti bisa sembuh dan suatu saat kembali siap menyambut cinta yang baru. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading