Sukses

Lifestyle

Sangat Mengganggu Hari-harimu, Kenapa Kamu Bisa Alergi?

Fimela.com, Jakarta Hampir setiap orang punya alergi. Mulai dari alergi dingin, debu, asap, makanan dan minuman, bahkan alergi bulu binatang. Kamu yang alergi debu akan bersin dan sesak napas kapan pun ada debu di sekitarmu. Saking sensitifnya, kamu bahkan mungkin dijuluki pendeteksi debu. Atau, mungkin kamu pernah melihat seseorang yang alergi kacang polong atau udang yang sesak napas atau muntah-muntah, atau bisa juga gatal-gatal pada seluruh tubuh. 

Alergi nggak bisa kamu sembuhkan, secara total. Tapi, kamu bisa menghindarinya atau meredakan gejalanya setiap kali kambunh. Kadang, orang yang punya alergi berat akan merasa tersiksa. Soalnya, alergi itu bisa kapan saja datangnya. Apa lagi kalau alergi yang berkaitan dengan cuaca. Nah, hal ini pasti bikin kamu bingung dan sulit buat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. 

Ngomongin soal gejala, pernah nggak, sih, kamu berpikir apa yang sebenarnya terjadi pada tubuhmu, sampai akhirnya kamu punya alergi tertentu. Bahkan enggak menutup kemungkinan kalau kamu memiliki beberapa alergi sekaligus. Nah, Fight the Cause of Allergy ternyata tahu apa yang menyebabkan hal ini terjadi. 

(Ilustrasi) Alergi kedelai (Foto: soymilkexpert.com)

Ternyata kuncinya ada pada sistem imun di tubuhmu. Jadi, sistem imun menerima sesuatu dari lingkungan sekelilingmu, dan memproduksi respons adaptif. Sederhananya, sistemimun kamu itu jadi tameng kalau ada gangguan yang datang dari luar tubuhmu. Baik debu, makanan yang nggak sehat, sampai bakteria serta virus. 

Caranya, sistem imun ini mengenal 'barang' yang datang dari luar tubuh sebagai sesuatu yang asing atau nggak normal. Dan memisahkannya dengan apa saja yang normal dalam tubuh kamu. Mungkin ini kedengaran sederhana, tapi sebenarnya nggak, sampai akhirnya memproduksi antibodi. Setelah antibodi ini aktif, apa yang 'dikira' jahat dan nggak baik untuk tubuh akan diusir dan dimatikan. 

Ilustrasi alergi udang | via: heatherchristo.com

Masalahnya, antibodi di tubuh kamu itu suka salah sangka. Bukannya memerangi 'barang jahat' yang ada di tubuh, tapi malah menyerang protein yang nggak jahat dan memang dibutuhkan oleh tubuh. Nah, pada saat inilah muncul alergi. Satu-satunya cara supaya kamu nggak bersin dan alergi terlalu sering untuk kambuh adalah dengan meningkatkan kualitas sistem imun tubuhmu. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading