Sukses

Lifestyle

Jangan Ditahan, Cewek Kuat Juga Boleh Menangis Kok

Fimela.com, Jakarta “Aku sangat terkesan melihatmu tidak menangis. Padahal banyak wanita yang mungkin akan menangis saat berada disituasi seperti sekarang ini,” itulah kalimat pembuka dalam tulisan Meghan Barylak untuk Verilymag.com. Barylak yang seorang guru tersebut menceritakan pengalamannya ketika ada seseorang yang mengatakan bahwa ia adalah wanita yang kuat karena tidak pernah terlihat menangis.

Lalu apakah Barylak adalah wanita yang setegar itu? Tidak juga, dalam tulisannya ia mengatakan sering kali menahan tangisan lantaran malu dilihat orang. Jadi, bukan berarti dia tidak ingin menangis, hanya saja ia memutuskan untuk mengganti tangisannya dengan membuat lelucon sehingga dapat membuat orang yang melihatnya ikut tertawa.

Memang kenapa kalau cewek menangis? Faktanya, cewek memang lebih sering menangis ketimbang cowok. Dalam penelitian yang dilakukan oleh psikolog klinis, Vengerhoest, diketahui cewek menangis 30-64 kali dalam setahun. Sedangkan cowok cuma 6 hingga 17 kali. Vangerhoest melakukan survei terhadap lebih dari 5000 orang dewasa di belasan negara untuk mendapatkan hasil tersebut.

Jangan Ditahan, Cewek Kuat Juga Boleh Menangis Kok. (Foto: huffpost.com)

Sebagai makhluk yang katanya memiliki perasaan sangat lembut cewek memang lebih mudah menangis dibandingkan cowok. Namun ada beberapa cewek yang selalu ingin terlihat tegar meskipun mungkin saat ini perasaannya sangat hancur dan ingin sekali berteriak hingga menangis. Ya, itulah keunikan yang bisa dibilang merupakan sebuah kekuatan yang dimiliki oleh seorang cewek.

Tapi, buat kamu para cewek-cewek tegar, jangan ragu untuk menangis. Kalau kamu ingin menangis, maka menangislah. Karena menangis adalah salah satu cara untuk mengungkapkan emosi. Dan ternyata menangis juga memiliki banyak manfaat lho. Lalu apa saja manfaat menangis? Simak ulasannya di bawah ini seperti dilansir dari Mag for Women.

Jangan Ditahan, Cewek Kuat Juga Boleh Menangis Kok. (Foto: buzznigeria.com)

1. Menghilangkan Stres. Kalau kini kamu sedang menghadapi berbagai masalah yang membuatmu stres, jangan ragu untuk menangis. Memendam perasaan malah akan membahayakan kesehatan kamu, sebaiknya kamu menangis karena menangis dapat membantu menghilangkan stres dan frustrasi. Kamu tidak akan terlihat lemah kok, toh tidak setiap hari kamu menangis, kan?

2. Menangis Dapat Meningkatkan Mood. Setelah menangis biasanya kamu akan merasa lega atau menjadi lebih baik. Ya, itulah salah satu manfaat menangis karena menangis dapat membuat mood kamu menjadi lebih baik. Menangis memang bisa membantu kamu mengurangi rasa sakit dan stres atau tekanan hidup yang tengah kamu alami.

Jangan Ditahan, Cewek Kuat Juga Boleh Menangis Kok. (Foto: stocksnap.io)

Dan untuk para cowok, sebaiknya jangan dulu menilai cewek yang menangis itu adalah cewek lemah atau cengeng yang nggak bisa diajak hidup susah. Dilansir dari Huffington Post, seorang peneliti syaraf dan penulis buku ‘Crying: The Mystery of Tears’ William H. Frey II, PhD menjelaskan kalau secara anatomi air mata cewek lebih mudah mengalir dibandingkan cowok.

William mengatakan bahwa penyebab cewek lebih mudah menangis adalah karena hormon prolactin, yakni hormon yang berperan penting dalam proses menyusui dan juga mengatur produksi kelenjar mata. Dan perlu diketahui bahwa mulai usia 18 tahun, hormon prolactin pada cewek 50-60 persen lebih tinggi dibandingkan cowok.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading