Sukses

Lifestyle

Musim Hujan Banyak Petir, Biar Tak Tesambar Kamu Bisa Lakukan Ini

Fimela.com, Jakarta Akhir-akhir ini, saat pagi hingga siang hari cuaca Jakarta dan sekitarnya begitu cerah bahkan sampai membuat tubuh penuh keringat. Sedang menjelang sore hingga malam hari hujan turun begitu deras dan kadang disertai petir.

Menyinggung soal petir, belum lama ini seorang presenter di Dalian, Provinsi Liaoning, Tiongkok tersambar petir saat tengah menjalani tugasnya ditengah badai.

Reporter yang tersambar petir di Dalian, Provinsi Liaoning, Tiongkok.  (via. South China Morning)

Melansir Liputan6.com, presenter pria bernama Lu Xiaodong itu pun merasakan kilat menyambar payung yaang dipegangnya. Seorang kameramen yang ikut bersamanya pun meraaskan hal yang sama, di mana mereka merasakan sengatan di tangan hingga lengan bawah. 

Atas kejadian tersebut, keduanya pun dilaporkan selamat, mengingat listrik yang menyambar payung mereka tergolong kecil. Nah girls, dimusim hujan yang kerap disertai petir ini ada baiknya kamu lebih berhati-hati, terlebih kalau kamu banyak beraktivitas diluar gedung. Biar tak ikut tersambar. 

Ilustrasi petir. (Toronto Sun)

1. Saat berada di luar gedung dan mendengar suara petir segera cari tempat berlindung, kamu bisa menjadikan mobil sebagai tempat alternatif agar tak tersambar petir. Saat berada di dalam mobil jangan lupa untuk menutup jendela dan menghindari barang-barang yang terbuat dari logam. 

2. Kalau kamu berada di luar dan banyak petir, jangan bergerombol. Biasanya saat ada petir banyak orang akan berkumpul, usahakan kamu dan orang-orang disekitarmu saling memberi jarak dari tempat mereka berdiri. 

Ilustrasi Petir (AFP PHOTO / HECTOR RETAMAL)

3. Hindari barang-barang elektronik. Saat banyak petir usahakan kamu menghindari barang-barang elektronik, usahakan untuk mematikan atau mencabut kabel listrik untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

4. Jangan berlindung dibawah pohon tinggi. Kalau kamu mengira berlindung dibawah pohon tinggi adalah hal yang benar, ternyata itu bukan pilihan tepat. Lebih baik kamu cari pohon yang lebih rendah, soalnya pohon tinggi memiliki potensi lebih besar tersambar petir. 

Ilustrasi petir. (REUTERS/Gene Blevins)

5. Kalau sedang berada di luar dan rambutmu berdiri, maka kamu akan disambar petir, yang harus kamu lakukan adalah menenuk badan ke arah depan dan letakkan keduatanganmu pada lutut kaki.

Selalu waspada ya girls, cobalah untuk selalu melindungi dirimu. Jangan paksakan dirimu untuk menerjang hujan saat banyak petir ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading