Sukses

Lifestyle

Manusia Hidup Dibantu Robot, Haruskah?

Fimela.com, Jakarta Kehadiran robot tak dipungkiri telah banyak membantu banyak pekerjaan manusia. Namun, kehadirannya juga menjadi ketakutan tersendiri, mengingat bereder isu bahwa manusia akan kehilangaan pekerjaan karena akan ada robot-robot yang akan menggantikan.

Hal tersebut pun terjadi di Tiongkok, di mana sebuah perusahaan bernama Changying Precision Technology Company telah merumahkan 90% pegawainya yang berjumlah 590 orang. Setelah merumahkan pegawainya, Perusahaan tersebut pun kemudian mengandalkan robot untuk menyelesaikan seluruh produksi ponsel mereka. 

Ilustrasi robot. (via. Wonderlist)

Melansir Liputan6.com, pihak perusahaan tersebut mengaku mereka menalami produktivitas yang meningkat hingga 250%. Selain itu mereka juga bisa meminimalisir kegagalan yang awalnya bisa mencapai 25%, kini menurun dan angka kegagalannya hanya 5%. 

Duh mengerikan sih ya karena hal ini tentu akan membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya. Ngomong-ngomong soal robot, sebenarnya sejauh apa sih peran robt dalam kehidupan manusia? Nah Bintang.com telah merangkum peran robot tersebut, yang ternyata kehadirannya juga bisa membuat manusia bahagia!

Ilustrasi robot. (via: istimewa)

1. Operator bahan produksi berbahaya. Ya, robot bisa membantu manusia dalam produksi produk berbahaya, misalnya sebagai operator mesin seperti menekan winder. Kecelakaan karena mesin tersebut sudah banyak ya, bahkan hingga merenggut nyawa.

2. Teman hidup. Saat ini robot juga bisa jadi teman hidup lho! Seorang pria asal Tiongkok bernama Zheng Jiajia yang juga seorang ahli kecerdasan artifisial menciptakan sebuah robot yang kemudian ia nikahi. Langkah tersebut diambilnya karena merasa frustasi tak juga mendapatkan seorang istri manusia.

Selain itu, robot juga dijadikan sebagai teman bagi manula yang merasa kesepian. Robot bernama Kirobo yang diproduksi Toyota itu dilengkapi dengan kecerdasan buatan, hingga ia bisa terlibat dalam percakapan kecil dan hal-haal yang cukup rumit.

Zheng Jiajia dan Yingying/dok:shanghaiist.com

3. Pembasmi penyakit. Ilmuan Jerman tengah mengembangkan robot yang bisa membasmi kanker. Hingga kini para ahli memang terus mencari pengobatan ampuh untuk membasmi kanker. Semoga ini bisa menjadi harapan positid bagi mereka para penderita kanker.

4. Pemenuh hasrat seks. Jumlah pria yang lebi sedikit dari pada wanita disebut sebagai alasan pembuatan robot seks. Kabarnya, robot seks yang diciptakan pun akan dibuat semirip mungkin dengan manusia, mulai dari warna kulit, mata, suara hingga tingkah lakunya.

Nah dari pemaparan diatas, menurutmu haruskan manusia tetap hidup bersama dan mengandalkan robot?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading