Sukses

Lifestyle

5 Tips Membuat Perencanaan Liburan Bersama Keluarga

Fimela.com, Jakarta Tak melulu sendiri, dengan kawan atau bersama si dia, traveling beserta keluarga juga menyenangkan untuk dilakukan. Bayangkan, kamu bisa membuat ragam memori baru lewat sejumlah agenda menantang sekaligus menyenangkan di tempat-tempat asing.

Meski dipenuhi letup euforia, sebagaimana kebanyakan perjalanan, jangan sampai tak membuat persiapan. Ingat, mood yang tengah dijaga bukan hanya milik sendiri, melainkan sekeluarga. Jadi sederet perencanaan, minimal gambaran kasar, sudah semestinya dilakukan. Tindakan ini tetap perlu walau nantinya terdapat improvisasi di satu-dua perihal.

Menghabiskan waktu di latar yang berbeda dan jauh dari rumah tentu terdengar seperti ide (selalu) bagus, bukan? Tentukan kapan dan ke mana akan pergi. Demi membantumu melewati langkah demi langkah persiapan traveling, pastikan tips-tips menurut Skyscanner ini diketahui. Dengan begini, perencanaan yang dilakukan sangat mungkin lebih terorganisir.

Traveling bersama anak. (Sumber Foto: quora.com)

Riset harga. Tak tertampik, budget merupakan salah satu pertimbangan utama untuk singgah di suatu destinasi. Liburan bersama keluarga bisa berarti biaya yang lebih membengkak ketimbang pergi sendiri. Jadi, penyisihannya mesti benar-benar detail dan punya estimasi yang tak jauh dari realita.

Harga ini bisa mencangkup banyak hal, termasuk harga tiket, baik pesawat terbang maupun kereta api, biaya hidup di sana, yakni akomodasi, transportasi dan harga makanan. Mungkin tak akan sama persis, namun sekiranya kamu bisa memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan.

Cari Tahu Kuliner Lokal

Riset kuliner. Setelah biaya beres diperhitungkan, pertimbangan selanjutnya bergeser pada makanan dan minuman. Bukan hanya soal harga, namun apakah cita rasa kuliner lokal akan cocok atau sebaliknya di lidah. Entah mengapa, poin ini malah sering luput dari perhatian turis Indonesia. Padahal tetap makan properly jadi salah satu poin untuk tetap sehat selama berada di wilayah asing.

Traveling bersama anak. (Sumber Foto: febrianikmadusari/Instagram)

Perhatikan apakah kamu dan keluarga ada alergi pada bahan-bahan makanan tertentu. Jangan sampai karena berambisi ingin mencoba makanan setempat jadi mengabaikan faktor kesehatan. Bila kamu Muslim,lakukan juga riset soal nama-nama restoran halal di destinasi perjalanan.

Buat itineraryEstimasi harga dan riset kuliner sudah dirampungkan, maka kamu baru bisa menyusun itinerary. Buatlah jadwal perjalanan yang agendanya sudah didiskusikan dengan anggota keluarga lain. Pastikan tak ada yang keberatan dengan aktivitas-aktivitas tertentu.

Traveling bersama anak. (Sumber Foto: nyomiez/Instagram)

Format jadwal perjalanan ini tentu sangat bergantung pada sang pembuat. Ada orang yang begitu detail membuat agenda per hari dengan terteraan jam-jam jelas. Namun, tak sedikit pula yang hanya membuat sketsa kasar soal ke mana pergi. Selebihnya, mereka akan berimprovisasi.

Transportasi yang Lebih Efisien

Perhatikan ketersediaan transportasi. Bepergian menggunakan kendaraan umum di destinasi traveling memang terdengar seperti gagasan terbaik untuk merasakan atmosfer lokal. Namun kamu juga mesti tahu kalau ide tersebut tak selalu bisa diterapkan.

Traveling bersama anak. (Sumber Foto: Andy Yeung)

Di beberapa tempat macam Yogyakarta, Malang dan Bali, menyewa kendaraan malah jadi solusi paling tepat untuk menuntaskan sejumlah agenda. Jadi sebelum pergi, kamu mesti melakukan riset soal ketersediaan transportasi agar perjalanan jadi lebih mudah.

Buat daftar barang bawaan. Dengan sebegitu banyak bawaan, bukan tak mungkin kamu jadi melupakan satu-dua barang ketika berkemas. Bagaimana kalau yang tertinggal malah peralatan penting? Karenanya, kamu mesti membuat daftar barang bawaan.

Traveling bersama anak. (Sumber Foto: theodysseyonline.com)

Catat, entah di notes atau handphone, soal barang apa saja yang mesti masuk ke koper atau tas tangan. Tandai bila barang tersebut sudah aman berada di tas-tas bebawaan. Pastikan kamu tetap pack light untuk mempermudah travelingSelamat liburan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading