Sukses

Lifestyle

Supaya Bisa Lebih Irit, Yuk Sederhanakan Hidup Kamu

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak sih kamu berpikir kenapa uang simpanan dan bahkan gajimu selalu habis? Bahkan, sebagian orang gajinya sudah habis sebelum tanggal gajian. Bukan cuma bikin kamu tergoda untuk menggunakan kartu kredit atau ngutang ke orang lain. Tapi kebiasaan buruk ini bikin status finansialmu nggak sehat, girls.

Paham, kamu memang butuh membayar segala jenis tagihan. Nongkrong bersama teman-teman juga penting. Belum lagi kalau kamu harus beli baju dan keperluan lain. Tapi, kamu harus punya yang namanya prioritas, girls. Kamu juga harus tahu, berapa sebenarnya kebutuhanmu dalam sebulan. Kebutuhan, lho! Bukan keinginanmu yang selama ini selalu kamu turutin.

Selain punya prioritas, mungkin ada satu faktor lain yang bikin kamu sering banget bokek. Coba, deh, kamu pikir-pikir lagi, selama ini, gimana sih, gaya hidup kamu? Kalau kamu sedikit saja menyederhanakan hidupmu, mungkin akan ada sedikit uang lebih yang bisa kamu tabung.

Ilustrasi nabung | Via: bogota.gov.co

Menyederhanakan gaya hidup itu nggak harus sengsara, lho, girls. Kuncinya ada pada kegiatan atau barang-barang yang enggak terlalu kamu butuhkan. Misalnya, kamu mungkin punya sisa uang lebih banyak dari bulan kemarin. Nah, kamu melihat ada diskon besar-besaran di mal. Rasanya, kamu ingin membeli saja barang diskonan itu, meskipun sebenarnya nggak terlalu kamu butuhkan.

Nah, yang model kayak begini, lebih baik kamu tahan. Simpan saja uang sisa itu untuk kamu tabung, atau sebagai uang jaga-jaga supaya kamu nggak kelabakan kalau ada insiden atau kebutuhan mendadak.

Nongkrong (Via: niesmon.blogspot.com)

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi nongkrong dan jajan. Kalau kamu tetap ingin berkumpul bersama teman-teman, kenapa nggak ajak mereka berkunjung ke rumahmu? Di sana kamu bisa tetap ngobrol, kok. Tapi nggak perlu mengeluarkan uang banyak untuk ngopi dan ngemil.

Nah, kalau jajan, sudah pasti harus kamu kurangin. Apa lagi jajan yang mahal-mahal seperti makan di restoran besar dan agak mahal. Tapi bukan berarti kamu boleh beli camilan-camilan kecil di pinggir jalan, ya. Soalnya, justru jajanan murah seperti ini yang nggak berasa. Tahu-tahu, kamu sudah mengeluarkan Rp30 ribu cuma untuk gorengan dan batagor! Nah, kalau kamu nggak jajan dan lebih memilih makan di rumah, kamu bisa menghemat beberapa puluh ribu, lho.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading