Sukses

Lifestyle

Menu Buka Puasa: Ayam Lapis Udang

Fimela.com, Jakarta Masa menu buka puasanya gorengan terus sih, sekali-kali kamu harus buka puasa dengan menu yang istimewa, biar puasanya makin semangat nih. Buat yang mau buka puasa dengan menu yang tidak biasa, coba deh resep menu buka puasa dari Bintang Tasty, namanya Ayam Lapis Udang.

Fillet ayam dilapisi udang cincang, dibalut tepung roti, digoreng, lalu disiram saus kecap beraroma jeruk limau yang segar rasanya. Paduannya bisa nasi atau kentang goreng. Bagaimana, tertarik ingin mencoba resepnya? Ada beberapa bahan yang harus terlebih dahulu kamu persiapkan nih.

300 g udang kupas, cincang halus

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

2 sdm tepung sagu/kanji

1 putih telur

1 buah cabai merah besar, cincang

1 sdm kucai iris

1 pasang fillet dada ayam

±100 g tepung terigu

100 g tepung roti halus

Minyak untuk, menggoreng

2 butri telur, untuk pencelup

Saus kecap

3 sdm margarin

3 siung bawang putih, cincang

1 sdt jahe cincang

100 g bawang bombai cincang

3 sdm kecap manis

½ sdm kecap asin

2 sdm saus tomat

1 sdm kecap inggris

½ merica bubuk

1½ sdm air jeruk limau

Pelengkap

Daun selada

Acar mentimun

Karena buka puasanya masih beberapa jam lagi, jadi sekarang kamu bisa mampir ke supermarket untuk membeli bahan-bahan membuat Ayam Lapis Udang tersebut. Untuk cara masaknya gampang kok, selengkapnya kamu bisa lihat di bawah ini ya…

1. Campur udang, garam, merica bubuk, tepung sagu, dan putih telur, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan cabai dan kucai, aduk rata.

2. Iris dada ayam menjadi 2 bagian (kanan-kiri), lalu iris mendatarmasing-masing bagian, sehingga didapatkan 4 irisan. Pukul-pukul masing-masing irisan hingga menjadi lebih tipis.

3. Taruh seiris ayam di atas talenan, ratakan ¼ bagian adonan udang di atasnya. Masukkan ke dalam wadah berisi tepung terigu, taburi permukaannya hingga tipis merata.Celupkan ke dalam telur kocok, taburi dengan tepung roti hingga rata. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

4. Panaskan minyak setinggi 2 cm dalam wajan datar di atas api sedang, goreng ayam lapis secara bertahap hingga kedua sisinya matang, angkat, tiriskan.

5. Saus kecap: Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, tambahkan bawang bombai, aduk hingga layu. Masukkan kecap manis, kecap asin, saus tomat, saus inggris, dan merica bubuk. Masak hingga mendidih dan mengental, masukkan air jeruk limau, aduk, angkat.

6. Penyajian: Potong serong ayam lapis setebal 1 cm, sajikan bersama saus dan bahan pelengkap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading