Sukses

Lifestyle

Jangan Sampai Salah, Ini Tips Memesan Penginapan Secara Online

Fimela.com, Jakarta Secara umum, terdapat tiga cara memesan penginapan, yakni reservasi langsung (biasanya via telepon), membeli voucher penginapan dari travel agent, dan booking online. Ketimbang poin pertama dan kedua, memesan tempat bermalam secara online dinilai lebih praktis oleh sejumlah pelancong.

Sekarang banyak, begitu banyak, situs booking online dengan berbagai fasilitas dan penawaran, termasuk diskon. Meski berlabel simple, namun bukan berarti tak ada cacat dalam kasus memesan penginapan secara online. Kamu tetap harus memerhatikan beberapa poin agar hal-hal yang tak diinginkan, double-charge misalnya, tak terjadi.

Termasuk salah satu keputusan penting, mengingat penginapan adalah rumah sementara saat kamu tengah traveling, jangan sampai lalai mempertimbangkan hal ini. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Pastikan juga ia tak menyusahkanmu selama menuntaskan agenda di negeri-negeri asing. Yuk, simak sejumlah tips menurut Claudia Kaunang.

Bandingkan harga penginapan. (Sumber Foto: generatorhostels.com)

Bandingkan harga. Ingin mendapat kamar dengan harga terbaik, bukan? Maka jangan sampai tak melakukan perbandingan harga. Pilih beberapa situs booking online untuk meyakinkan keputusanmu memilih satu kamar.

Jangan sampai setelah memesan, kamu mendapatkan kamar yang sama namun dengan harga lebih murah. Lihat juga fasilitas apa yang ditawarkan, apalagi kalau situs tersebut tengah promo. Boleh saja lebih murah, tapi kelengkapannya bisa jadi tak sama.

Ketentuan Reservasi

Kondisi dan ketentuan reservasi. Setelah memilih, perhatikan kondisi dan ketentuan reservasi dari penginapan yang kamu pilih. Apakah harus membayar uang muka, melakukan pelunasan lebih dulu, atau malah saat check in.

Membaca ketentuan reservasi. (Sumber Foto: krisnawardani/Instagram)

Jangan lupa juga membaca aturan pembatalan. Kalau sudah semua (memilih hotel, juga menentukan tanggal check in dan check out), kamu bisa pilih pay now, yakni bayar saat reservasi dan uang tak akan kembali jika terjadi pembatalan. Namun kalau belum yakin, pilih opsi free cancellation.

Hubungi pihak penginapan. Setelah pemesanan dan mungkin pembayaran dilakukan di situs booking online, sebaiknya kamu menghubungi pihak penginapan untuk melakukan konfirmasi. Hal ini penting dilakukan supaya tak terjadi kekeliruan.

Hubungi pihak penginapan. (Sumber Foto: hostelz.com)

Konfirmasi bisa dengan menelepon ataupun mengirim email. Biasanya, kamu tinggal menyebutkan nama pemesan atau (kalau ada) kode booking yang biasanya tertera. Jadi, pastikan kalau pemesananmu sudah tercatat pihak penginapan, termasuk soal lama tinggal, dengan baik. Happy traveling!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading