Sukses

Lifestyle

Tak Cuma Murah, Ini Tips Memilih Penginapan untuk Para Backpacker

Fimela.com, Jakarta Secara garis besar, budget traveling bisa dibagi ke dua kelompok besar, yakni transportasi dan biaya hidup selama berada di destinasi perjalanan. Di antara beberapa, sisihan uang untuk menyewa penginapan boleh jadi salah satu yang paling menyita secara nominal.

Jadi, hunting tempat bermalam murah hampir pasti jadi agenda wajib, apalagi bagi para backpacker. Namun demikian, jangan mudah tertipu dengan harga paling murah yang tertera. Lho gimana? Bukankah memang itu yang dicari? Sekarang, coba pikirkan dulu, apakah harganya benar-benar ekonomis dalam kacamata perjalananmu?

Selain nominal yang tertera, entah secara online maupun offline, kamu mesti punya sejumlah pertimbangan lain untuk mengategorikan tempat tersebut benar-benar murah sesuai dengan jadwal perjalanan. Jangan terpaku dengan deretan angka saja, berikut tips supaya kamu benar-benar berhasil mendapatkan tempat bermalam yang murah selama traveling.

Perhatikan lokasi penginapan. (Sumber Foto: buzzfeed.com)

Lokasi. Murah sih, tapi bagaimana kalau jauh dari mana-mana, apalagi sejumlah tempat yang hendak dituju? Boleh saja kamu berhemat puluhan ribu di penginapan, namun kalau harus mengeluarkan budget lebih di transportasi, apakah penginapan itu bisa dikategorikan benar-benar murah?

Jadi, pilihlah tempat bermalam di lokasi strategis dengan harga yang masuk akal. Biasanya, terdapat banyak penginapan murah dan nyaman di area touristy. Jangan malas mencari tahu. Bacalah review dari konsumen sebelumnya. Jadi, kamu tahu sepadankah mengeluarkan uang untuk penginapan di lokasi tersebut.

Perhatikan Fasilitas yang Diperoleh

Fasilitas. Di samping lokasi penginapan, kamu juga harus teliti soal bisa dapat apa saja dengan harga segitu. Hitung-hitungan cerdas mesti diterapkan di sini. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhanmu saat traveling. Misal, ada dapur bersama atau free breakfast maupun Wi-Fi.

Pastikan fasilitasnya sesuai kebutuhan. (Sumber Foto: hostelz.com)

Kalau hanya berbeda beberapa puluh ribu tempat bermalam itu sudah memenuhi kebutuhanmu, plus lokasi yang lumayan strategis, mengapa juga harus urung? Kalau cuma murah di biaya sewa, tapi fasilitasnya minim dan tak memenuhi kebutuhan, jangan kesal kalau kamu harus keluar uang lagi nantinya.

Jenis penginapan. Tak cuma hotel, sekarang kamu punya beberapa jenis penginapan untuk dipilih. Jadi, pertimbangkanlah bermalam di hostel, guesthouse, atau homestay. Ini alternatif sebenarnya, yakni dengan uang sekian, penginapan dengan lokasi dan fasilitas apa yang bisa didapatkan.

Pilih jenis penginapan yang sesuai. (Sumber Foto: hostelworld.com)

Pokoknya, poin ini juga kembali ke penyesuaian dengan kebutuhan perjalanan. Pilih jenis tempat bermalam yang paling pas dengan gaya perjalananmu. Jangan sampai suasananya merusak sensasi yang hendak dijajal. Dengan begitu, traveling jadi bisa lebih nyaman.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading