Sukses

Lifestyle

Menu Buka Puasa: Tongseng Kambing

Fimela.com, Jakarta Selain sapi dan ayam, daging kambing merupakan salah satu olahan hewan yang nggak boleh absen dari dunia perkulineran Tanah Air. Apalagi bulan puasa begini. Kamu pasti bakal nggak bisa untuk mengunjungi warung tongseng kambing di siang hari kayak biasanya, bukan?

Padahal, untuk menyantap sepiring tongseng kambing bercita rasa pedas gurih, kamu bisa bikin sendiri di rumah sebagai menu buka puasa. Beuh! Dijamin nafsu makan kamu langsung terdongkrak. Kelihatannya mungkin ribet, namun, jika kamu simak video resep berikut ini, pasti kamu bakal semangat ingin membuatnya. Oiya, buat kamu yang nggak suka daging kambing, kamu bisa menggantinya dengan daging sapi atau ayam, lho. Seperti apa langkah-langkahnya? Cus, simak resep berikut ini beserta videonya~

Menikmati gurihnya tongseng kambing sebagai menu buka puasa? Kenapa nggak?! (Fotografer: Daniel Kampua/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

4 siung bawang putih, iris
8 butir bawang merah, iris
8 buah cabai rawit, iris kasar
400 g daging kambing, iris persegi kecil
2-3 sdm kecap manis
4 buah tomat hijau, iris kasar
1 buah tomat merah, iris kasar
150 g kol, iris kasar
1 sdm bawang goreng, untuk taburan
Kuah santan
3 sdm minyak goreng
3 lembar daun salam
3 batang serai, memarkan
1.000 ml kaldu tulang kambing/sapi
300 ml santan
Bumbu halus
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm lengkuas
2 butir kemiri sangrai
1 sdm bumbu kari bubuk
2-3 sdt garam

Cara membuat:

Tongseng kambing. (Fotografer: Daniel Kampua/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

1. Kuah: Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan salam dan serai, aduk hingga layu. Tuang kaldu dan santan, masak sambil ditimba-timba hingga mendidih, angkat.
2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan layu, masukkan cabai rawit dan kecap, aduk.
3. Tambahkan daging, aduk hingga daging berubah warna. Tuang kuah, masak hingga mendidih.
4. Masukkan kol dan tomat, masak hingga mendidih kembali dan daging empuk, angkat. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading