Sukses

Lifestyle

Ditinggal Si Bibi Mudik, Ini 3 Tips Agar Rumah Tetap Bersih

Fimela.com, Jakarta Hari Lebaran sudah semakin dekat. Beberapa orang bahkan sudah mengambil cuti sehingga mereka punya lebih banyak waktu untuk mudik dan menghabiskan waktu bersama keluarga di kampung halaman. Tapi, apa yang bakal terjadi kalau kamu tetap ada di Jakarta, sementara Bibi yang membantu pekerjaan rumahmu malah sudah harus mudik

Yah, mau nggak mau, kamu harus membersihkan rumah sendiri, girls. Termasuk memasak ketupat dan sayur untuk makanan Lebaran. Belum lagi membereskan rumah, supaya terlihat lebih rapi. Soalnya, nggak enak kalau ada banyak tamu yang nanti datang saat Lebaran. 

Selain itu, siapa juga yang harus sortir barang-barang yang sudah nggak terpakai dan membungkusnya untuk disumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan? Yah, semua pekerjaan ini memang sangat melelahkan dan cukup berat tanpa adanya bantuan Bibi. Tapi, Liputan6 punya trik dan tips yang bikin semua pekerjaan menjadi lebih ringan, meskipun Bibi sudah pulang ke kampung halaman. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: pinterest.com

1. Kamu pasti menggunakan banyak alat dan barang setiap hari. Mungkin biasanya, Bibi yang membereskan semua barang setelah kamu pakai. Nah, sekarang, cobalah untuk membereskan semuanya sendiri. Biar nggak terasa beres-beres, kamu harus konsisten mengembalikan barang ke tempat semula, langsung setelah kamu pakai. Jangan pernah kamu taruh di tempat yang nggak sesuai dengan tempatnya ya. 

2. Masih ada beberapa hari buat membereskan seluruh ruangan di rumah. Jangan lakukan semuanya dalam satu hari girls. Lebih baik kamu membuat jadwal untuk bersih-bersih rumah. Misalnya, hari ini lantai satu, besok membersihkan gudang, dan hari berikutnya membersihkan lantai atas. Setelah itu, baru membereskan tanaman-tanaman yang ada di halaman rumah. 

10 Cara Membersihkan Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Makanan | via: buzzfeed.com

3. Karena Bibi sudah mudik, kamu sendiri yang harus belanja semua keperluan Lebaran. Termasuk belanja beras, daging, ayam, dan bumbu-bumbu untuk memasak makanan Lebaran. Nah, mungkin kamu nggak terbiasa dengan belanja ke pasar. Lebih baik, kamu mencatat semua kebutuhan untuk memasak. Juga hitung semua budget yang diperlukan. Jangan sampai semua yang kamu beli melebihi budget. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading