Sukses

Lifestyle

Palangkaraya Jadi Ibu Kota Baru?

Fimela.com, Jakarta Wacana soal pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia kembali mencuat. Ya, tentunya berita tersebut bukanlah sebuah kabar baru, karena pembahasan soal pemindahan ibu kota dari Jakarta ke daerah lain di Indonesia hampir setiap tahunnya selalu ada. Dan kali ini kabarnya Palangkaraya akan menjadi ibu kota baru.

Hmmm, belum secara resmi diputuskan, tapi seperti dilansir dari Liputan6.com, Rabu (5/7/2017), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri PPN/Kepala Bappenas untuk mengkaji kemungkinan pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya. Yup, Palangkara sepertinya telah mencuri perhatian para presiden di negeri ini.

Seperti yang mungkin sudah kamu sudah ketahui bahwa dulu, Presiden Soekarno juga ingin memindahkan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke Palangkaraya. Namun ada beberapa permasalahan yang memang harus dipikirkan sebelum memindahkan ibu kota. Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia DKI Jakarta, Sarman Simajorang, menyebutkan salah satu risiko adalah iklim investasi yang akan tersendat.

Palangkaraya Jadi Ibu Kota Baru? (Foto: centralborneoguide.com)

"Jika sampai dipindahkan ke Palangkaraya akan menambah beban biaya dan waktu. Tentu ini akan menurunkan daya saing iklim investasi dan usaha," kata Sarman kepada Liputan6.com, Sabtu (15/4/2017). Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa presiden ingin ibu kota pindah, salah satunya adalah karena Jakarta sudah terlalu padat.

Palangkaraya Jadi Ibu Kota Baru? (Foto: en.wikipedia.org)

Ada beberapa hal yang membuat Palangkaraya selalu dijadikan calon ibu kota baru, Palangkaraya memiliki tata ruang yang bagus dan luas. Palangkaraya pun memiliki beberapa kelebihan lainnya sebagai ibu kota negara, baik dari segi geografis maupun pertahanannya. Jadi, kamu setuju Ibu Kota Negara Indonesia dipindahkan dari Jakarta ke Palangkaraya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading