Sukses

Lifestyle

Menguak Cantik Pesona Palangkaraya

Fimela.com, Jakarta Memang ada apa sih di Palangkaraya? Pertanyaan macam itulah yang mungkin terlontar saat berbicara tentang rencana traveling ke Ibu Kota Kalimantan Tengah itu. Pasalnya, belum jadi kebiasaan pelancong untuk menghabiskan waktu berlibur di Palangkaraya. Berbeda dengan Taman Nasional Tanjung Puting dan Derawan, misalnya.

Kendati demikian, bukan berarti tak ada sama sekali pesona yang bisa dinikmati di sini. Bahkan dengan tak terlalu banyaknya turis yang singgah, sangat mungkin kamu akan memperoleh ketenangan di hampir tiap destinasi. Tak perlu berjajal atau malah mengantre terlalu lama, perjalanan di Palangkaraya boleh jadi terkesan eksklusif.

Terdapat beberapa tempat menarik yang bisa disambangi dan membuatmu lebih mengenal Palangkaraya. Mulai dari danau beratmosfer tenang hingga berinteraksi dengan orangutan, semua bisa dilakukan di sini. Dikutip dari berbagai sumber, tempat-tempat ini yang akan membuatmu sanggup menguak cantik pesona Palangkaraya. Catat nama-namanya ya!

Danau Tahai, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Sumber Foto: h_yat/Instagram)

Danau Tahai. Tak hanya tenang yang ditawarkan, ada hal unik di Danau Tahai. Objek wisata ini diketahui terbentuk akibat penggalian pasir yang lambat laun membesar dan malah membentuk danau.

Yang unik, air danau ini di sini berwarna kemerahan, lantaran terdapat senyawa dari tanah gambut yang mengendap di dasar danau. Kamu bisa menikmati cantik Danau Tahai sambil berjalan-jalan di jembatan kayu, dan menikmati nuansa asri dari pepohonan di sekitar.

Menyambangi Ikon Palangkaraya

Jembatan Kahayan. Jembatan Kahayan diketahui membentang sepanjang 640 meter dengan lebar 9 meter, dan merupakan ikon kota Palangkaraya. Sesuai dengan namanya, jembatan ini membentang di atas Sungai Kahayan yang jadi salah satu pusat perekonomian Kalimantan Tengah.

Jembatan Kahayan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Sumber Foto: yopansudianto/Instagram)

Seperti yang sudah kamu tahu, sungai di Kalimantan merupakan salah satu jalur transportasi utama. Di samping menikmati panorama sungai, kamu juga bisa melihat dinding Jembatan Kahayan yang dihiasi mural bertema naga dan budaya Dayak. Ditambah, senja di sini tampak begitu mempesona.

Bukit Tangkiling. Ingin mendapat panorama Palangkaraya yang berbeda sekaligus menyeluruh? Maka kamu bisa sambangi Bukit Tangkiling. Berjarak 34 kilometer dari pusat Kota Palangkaraya, tempat ini memungkinkanmu melihat beberapa jenis satwa, melakukan wisata religi, dan menikmati kegiatan outbound.

Bukit Tangkiling, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Sumber Foto: feyrie/Instagram)

Namun di antara semuanya, tentu pesona alam yang jadi andalan Bukit Tangkiling. Pendakian disarankan dilakukan pada pukul 07.00-08.00 pagi. Panas matahari yang belum terlalu menyengat akan membuat rimbun pepohonan, seperti meranti, cempedak, pilau, dan rambutan, kian terasa.

Tergoda Pesisir Palangkaraya

Pantai Ujung Pandaran. Jajaran nyiur beralaskan pasir putih, serta sepoi angin laut kiranya jadi gambaran suasana saat kakimu menjejak di Pantai Ujung Pandaran. Berlokasi di kota Waringin Timur, pantai ini terbilang masih alami.

Pantai Ujung Pandaran, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Sumber Foto: seruyan.net)

Jadi, jangan heran kalau dengan mudahnya kamu akan mendapati berbagai biota laut. Tak berada jauh dari pesisir pantai, kamu sudah bisa mendapati bintang laut dan ragam ikan berukuran kecil yang berenang wara-wiri.

Penangkaran Orangutan Bos Nyaru Menteng. Masih berupa hutan, kamu akan merasakan udara segar saat bertandang ke Penangkaran Orangutan Bos Nyaru Menteng. Berjalan di sini, kamu akan ditemani julangan pohon yang beberapa puncaknya tak bisa terlihat karena saking tinggi.

Penangkaran Orangutan Bos Nyaru Menteng, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Sumber Foto: diaryaidha.blogspot.com)

Di sini, kamu bisa melihat, belajar, dan bermain bersama sekawanan orangutan. Penangkaran ini dilengkapi dengan gazebo yang menarik untuk dikunjungi dan bisa digunakan sebagai wisata edukasi. Jadi, jangan kerja mulu, jalan yuk ke Palangkaraya!

 

What's On Fimela
Loading