Sukses

Lifestyle

Bersihkan Gigi di Rumah dengan Cara yang Sederhana

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu masih ingat kapan terakhir kalinya membersihkan karang gigi? Tentunya ke dokter gigi. Apakah enam bulan terakhir ini, setahun yang lalu atau malah kamu gak ingat sama sekali kapan kamu membersihkannya.

Karena kesibukan, kamu pun jadi melupakan untuk membersihkan karang gigi, dan masih banyak juga orang yang menyepelehkan hal ini padahal sangat penting sekali lho demi menjaga kesehatan. Nah, buat kamu yang sibuk dan selalu gak sempat untuk membersihkannya, bisa banget kamu lakukan kegiatan tersebut di rumah, jadi kamu gak perlu repot-repot untuk pergi ke klinik. 

Tapi kamu pasti mikir apakah bisa? dan apakah bedanya plak dan karang gigi? Yap, karang gigi diawali oleh terbentuknya lapisan biofilm, yakni lapisan tipis transparan yang normal terbentuk segera setelah menyikat gigi. Lapisan ini menjadi tempat favorit kuman untuk berkembang biak.

Cara membersihkan gigi dengan sikat gigi dengan benar. (Image: vebma.com)

Sedangkan, lapisan biofilm yang sudah penuh kuman disebut plak gigi. Dalam tahap ini, plak gigi masih dapat dibersihkan dengan peralatan gigi di rumah. Alat yang digunakan antara lain sikat gigi berbulu lembut, sikat interdental, benang gigi, tusuk gigi, dan lain-lain. Bila kamu ingin tahu selengkapnya, baca penjelasannya di sini yuk. 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading