Sukses

Lifestyle

Makanan-makanan Wajib Saat Wisata Kuliner di Kediri

Fimela.com, Jakarta Bagi sebagian pelancong, tak lengkap rasanya bila pergi ke suatu tempat tanpa mencicip kuliner lokal. Apakah kamu salah satunya? Bila iya, kiranya hal serupa mesti diberlakukan saat berada di Kediri.

Seperti kebanyakan wilayah di Indonesia, Kediri juga memiliki sajian khas yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Mesti jadi agenda di samping menjamah pesona wilayah tetangga Blitar tersebut, kamu bisa mencicip ragam kuliner legendaris bercita rasa lezat. Jadi, kenanganmu akan Kediri tak berbatas di lanskap-lanskap memukau saja.

Mulai dari kedai bakso legendaris, hingga jajanan pasar yang menggugah selera, semua bisa dinikmati di sini. Dengan rasa yang begitu khas, cobalah mengenal Kediri lewat deretan kuliner lokalnya. Terselip di antara beberapa agenda seru yang sudah disusun lebih dulu, sempatkanlah untuk berburu kuliner. Dikutip dari berbagai sumber, berikut makanan-makanan wajib saat wisata kuliner di Kediri.

Bakso Barokah 313. Memulai penjelajahan dengan semangkuk bakso berkuah gurih nan hangat tentu tak jadi ide buruk. Jika kamu setuju, datang saja ke Bakso Barokah 313, tempat legendaris untuk makan bakso di Kediri.

Katanya demi menjaga kualitas sajiannya, depot bakso ini sampai memotong sendiri sapi yang jadi bahan utamanya. Berada di Jalan Letjend Suprapto 107/55, Kediri, lokasinya berada dekat dengan Stadion Brawijaya.

Segarnya Kuah Soto Bok Ijo

Soto Bok Ijo. Semangkuk kuah santan dengan isian kol, kecambah, cabe rawit, jeruk nipis yang ditambah siraman kecap adalah sajian lezat yang menunggu di Soto Bok Ijo. Berada di sebelah Terminal Kediri, kamu tak akan terlalu sulit menemukan tempat ini.

Soto Bok Ijo, kuliner khas Kediri, Jawa Timur. (Sumber Foto: luciawul/Instagram)

Kalau kamu kurang suka soto, tenang saja karena ada menu lain di tempat ini. Sebagai alternatif, kamu bisa mencicip ayam bakar kecap. Sebelum disajikan, potongan ayam lebih dulu dibakar di atas tungku arang sambil sesekali diolesi kecap manis. Bumbunya begitu meresap, jangan heran kalau kamu nantinya ketagihan.

Tahu. Makanan yang satu ini sudah sedari lama jadi kuliner andalan Kediri. Dua yang paling terkenal adalah tahu takwa dan tahu poo. Kendati demikian, keduanya punya rasa dan tampilan berbeda yang membuat mereka jadi begitu unik.

Tahu takwa, kuliner khas Kediri, Jawa Timur. (Sumber Foto: putriandika/Instagram)

Ketika tahu poo bisa mengembang saat digoreng dan bisa langsung dimakan dengan cabe atau sambal petis, sementara tahu takwa gurih, sedikit kenyal, dan tak punya rasa masam sama sekali. Perbedaan tersebut membuat keduanya sama-sama menarik untuk dicoba.

 

Lezatnya Sate dan Keripik Bekicot

Sate dan Keripik Bekicot. Jangan bergidik dulu mendengar kata bekicot karena daging hewan yang satu ini ternyata lezat dengan tekstur kenyal. Bekicot biasanya diolah ke dalam dua jenis makanan, yakni sate dan keripik.

Sate Bekicot, kuliner khas Kediri, Jawa Timur. (Sumber Foto: guntur_ming/Instagram)

Satu porsi sate bekicot biasanya berisi 50 tusuk, lengkap dengan sambal kacang sebagai bumbu siramnya. Uniknya, semua menu khas bekicot di sini diberi istilah 02. Jadi, beranikah kamu mencoba kuliner yang sedikit ekstrem ini?

Kopi Pancal. Setelah puas berjalan dan makan ini-itu, meminum segelas kopi pancal pastinya jadi cara asyik menutup hari. Nama pancal sendiri sebenarnya muncul karena penjual menjajakan kopinya di gerobak.

Kopi Pancal, kuliner khas Kediri, Jawa Timur. (Sumber Foto: irinachalisa/Instagram)

Murah kok. Hanya dengan merogoh kocek Rp2 ribu, kamu bisa menikmati secangkir kopi hitam. Menu lain yang juga bisa dinikmati adalah kopi susu dan es kopi jeruk. Buka mulai pukul 9 malam sampai dini hari, warung kopi ini cocok buat kamu yang ingin menikmati suasana Kediri di malam hari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading