Sukses

Lifestyle

Mengetahui Penyakit dari Warna Dahak

Fimela.com, Jakarta Jika sedang sakit batuk, dahak biasanya datang bersamaan. Dahak sendiri adalah cairan lendir kental yang terdapat di saluran pernapasan saat tubuh mengalami infeksi.

Ternyata, kamu bisa melakukan deteksi terhadap gangguan kesehatan lewat dahak yang dikeluarkan lho. Dilansir dari KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini menuliskan bahwa normalnya manusia memproduksi lendir dengan jumlah 100 ml setiap hari.

Kondisi kesehatan tubuh yang terganggu membuat produksi lendir tersebut meningkat. Hal tersebutlah yang membuat terjadinya penumpukan lendir di saluran pernapasan. Lalu, bagaimana cara mendeteksi penyakit lewat dahak? Ini dia!

Jika dahakmu berwarna bening dan berlendir, itu adalah gambaran normal. Fungsinya sendiri untuk melembabkan saluran pernapasan, menangkap debu yang masuk dari dalam mulut, melumasi saluran pencernaan, serta membantu proses mengunyah.

Meski sepele, kamu nggak boleh mengabaikan tanda seseorang terkena HIV ini ya. (Sumber Foto:NetDoctor)

Lalu, jika dahak berwarna cokelat, hal tersebut menandakan bahwa dahak telah bercampur dengan debu atau benda asing seperti tar dari rokok. Penyebabnya dikarenakan paru obstruktif kronik dan bronkhitis kronis. Baca selengkapnya di sini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading