Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Bunuh Diri

Fimela.com, Jakarta Beberapa hari ini kamu pastinya sangat sering melihat berita tentang kasus bunuh diri. Hmmm, seram yaa. Tapi, tahu nggak kamu kalau hampir setiap tahunnya kasus bunuh diri terus meningkat di Indonesia? Organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat, angka bunuh diri di Indonesia menunjukan peningkatan yang cukup signifikan.

Pada tahun 2010 kasus bunuh diri mencapai 1,8 per 100.000 jiwa atau sekitar 5.000 orang per tahun. Kemudian pada 2012, estimasinya meningkat menjadi 4,3 per 100.000 jiwa atau sekitar 10.000 per tahun. Tentunya kita nggak mau kan setiap tahunnya angka bunuh diri terus meningkat di Tanah Air, untuk pencegahan kamu bisa membaca beberapa alasan di bawah ini.

1. Pada Akhirnya Semua Masalah Pasti Akan Bisa Diatasi. Pas sekolah kamu pasti sering banget kan menghadapi ujian. Meskipun selalu mengeluh susah, nggak bisa belajar, dan sebagainya, mau nggak mau kamu harus tetap ikut ujian. Dan akhir ujian pun kamu bisa bernapas lega, kan? Meskipun saat hasil ujian kamu akan “deg degan” lagi. Tapi toh kamu bisa melewati masa-masa itu lagi.

Ya, namanya juga hidup, pasti kamu nggak akan bebas dari masalah kok. Pasti ada saja masalah yang akan kamu hadapi. Dan jangan pernah menganggap bahwa masalah tersebut adalah masalah yang terberat. Seperti yang sudah-sudah, kamu pasti bisa melalui masalah tersebut.

2. Jangan Pernah Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain. “Kamu kan nggak tahu perasaan aku. Masalah kamu nggak jauh lebih berat dari masalah aku.” Hmmm, buang jauh-jauh pikiran seperti itu karena pastinya setiap orang punya masalahnya masing-masing. Dan kamu juga nggak bisa bilang kalau masalah kamu lebih berat dari masalah orang lain, karena kamu bukanlah mereka. Tapi lihatlah, pelajari bagaimana mereka bisa keluar dari masalah yang mereka hadapi.

Ini Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Bunuh Diri. (Foto: thoughtcatalog.files.wordpress.com)

Lagi-lagi ini cuma masalah waktu kok. Kamu pasti bisa melewatinya. Dan setelah berhasil melewatinya, percayalah bahwa kamu akan menjadi pribadi yang lebih kuat. 

Pikirkan Orang-orang yang Sayang Sama Kamu

3. Yakin Kamu Tega Ninggalin Orang-orang yang Kamu Sayang dan Sayang Sama Kamu? Coba pandangilah wajah-wajah orang yang kamu sayang. Lihatlah bagaimana mereka dengan tulusnya mencintai kamu. Kamu sangat penting buat mereka. Jangan pernah merasa sendirian karena kamu memang tidak sendirian. Saat masalah itu datang, maka wajah-wajah mereka yang kamu sayang akan menguatkanmu. Hiduplah untuk mereka.

Ini Alasan Kenapa Kamu Nggak Boleh Bunuh Diri. (Foto: i.vimeocdn.com)

4. Apa Hal yang Paling Kamu Suka atau Paling Kamu Inginkan? Saat pikiranmu tengah dipenuhi dengan berbagai hal yang memusingkan, maka cobalah sejenak untuk melupakannya dengan melakukan hal-hal yang kamu suka. Atau ingatlah kembali apa yang paling kamu inginkan di dunia ini. Mau jadi orang yang sukses? Mau punya mobil baru? Kejarlah impian itu.

Kalau kamu berpikir masalahmu sangat berat, maka cobalah untuk melihat apa yang ada disekitarmu, orang-orang yang berhasil keluar dari masalah hidupnya yang berat. Madonna pernah jadi korban pemerkosaan lho, dan lihat bagaimana dia kini. Madonna tidak memilih jalan bunuh diri, ia lebih memilih untuk melanjutkan hidupnya dan mengejar cita-citanya.  

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading